KOPI DINGIN, KENAPA TIDAK?

Bosan dengan kopi yang diseduh hangat? Bagaimana jika kali ini sajikan kopimu dengan dingin yang segar dan nikmat.

 Di udara yang panas dan menyengat ini, mungkin afternoon coffee tak lagi mampu menjadi pilihan. Tapi tenang, pecinta kopi tak perlu khawatir karena melewatkan kopi di waktu istirahat, karena kopi dingin (baik itu iced coffee ataupun cold brew) bisa menjadi pilihan yang pas pelepas dahaga. Kopi dingin bisa nikmat tak terkira jika dibuat dengan kesempurnaan dan kehati-hatian. Hangat kopi yang mengepul dari balik cangkir bisa digantikan dengan cita rasa dinginnya kopi yang memberi kesegaran menyenangkan.

Iced-Coffee_1

Bagaimanapun kopi mampu memberi kebahagiaan bagi penikmatnya meski disajikan dingin maupun panas. Dan ingat, kopi dingin juga bisa dibuat sendiri tanpa harus pergi ke coffee shop dengan harga lebih ekonomis. Mau tahu tips untuk membuat kopi dingin di rumah? Yuk baca tips di bawah ini.

Pilih Air yang Baik

Sama seperti membuat kopi hangat biasa, untuk membuat iced coffee ataupun cold brew diperlukan air dengan kandungan mineral yang baik. Air yang tidak sehat akan mencemari rasa kopinya. Dan jika rasa kopinya tercemar tentu saja tak nikmat saat dikonsumsi. Jadi pilihlah air yang benar-benar baik agar menghasilkan kopi yang terbaik.

Bereksperimen dengan beragam jenis kopi

Tak ada salahnya bereksperimen dengan beragam jenis biji kopi. Cobalah beberapa biji kopi pada cold brew atau iced coffee kamu. Dengan mencoba beberapa jenis kopi kamu akan menemukan biji kopi mana yang benar-benar menjadi favorit. Dengan mencoba lebih dari satu jenis kopi, kamu akan tahu biji kopi mana yang enak dibuat iced coffee dan biji kopi mana yang nikmat untuk cold brew.

Cobalah beberapa Metode yang Menghasilkan Kopi Dingin

Selain membuat iced coffee dengan cara yang konvensional, ternyata banyak alat kopi yang mampu membantu kamu menghasilkan kopi dingin yang enak. Di kelas cold dripper sendiri ada nama-nama seperti Cold Bruer, Dutch Coffee dan Hario Water Dripper. Sedangkan untuk kamu yang ingin mencoba metode ‘rendam kopi’ ada alat-alat kopi seperti Toddy, Hario Mizudashi, coffee sock for iced coffee. Oh iya penggila metode manual brewing juga bisa menciptakan iced coffee dengan menggunakan Hario Cold Drip VIC. Alat kopi ini menghasilkan iced coffee dengan cara pour over yang sama dengan cara menggunakan V60. Intinya cobalah beragam metode pembuat iced coffee dan temukan metode mana yang menjadi favoritmu.

Giling Biji Kopi dengan Baik

Seperti kopi hangat, kopi dingin juga harus mendapatkan perhatian ekstra dalam proses penggilingan. Biji kopi harus untuk cold brew dan iced coffee biasanya digiling medium untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat. Tapi beberapa orang suka bereksperimen dengan menggiling biji kopinya dengan sedikit halus agar lebih tahu bagaimana perbedaan cita rasa yang akan dihasilkan. Tapi baik itu halus ataupun medium, yang paling penting adalah gunakan grinder dengan mata pisau burr agar hasil gilingannya konsisten dan presisi.

Coffee Iced Cubes

Jika kamu menyukai iced coffee dengan cara berbeda, iced cube coffee adalah pilihan yang pas. Seduhlah kopi seperti biasa dengan biji kopi favorit kamu. Lalu biarkan kopi tersebut hingga dingin. Setelah itu masukkan ke dalam cetakan baru es. Kamu bisa memilih cetakan balok kotak biasa atau cetakan lucu untuk anak-anak. Masukkan ke dalam freezer. Saat sudah beku sajikan di gelas dan tambahkan apa yang kamu suka. Bisa ditambahkan kopi atau justru susu dan flavor aneka rasa. Selamat mencoba kopi dinginmu!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

9 Comments
  1. Sebenarnya peranan air perlu diperjelas karena bukan “air yang baik” tapi air yang lembut (soft water) sehingga tidak merusak coffee flavor. Soft water bisa didapatkan melalui alat filterisasi atau pengetesan gallon air (jika pakai aqua botol).

    Harap diingat air aqua berasal dari sumber air yang berbeda-beda di Indonesia. Aqua untuk Jakarta biasanya berasal dari ciawi atau sukabumi. Jawa timur berasal dari Pandaan. Sehingga punya kadar mineral yang berbeda-beda dimana ada yang langsung cocok untuk tapi juga ada yang perlu difilterisasi (hard water) sebelum dipakai untuk kopi.

  2. Waah, ice cube coffee ya. Baru baca sekarang, tp sudah pernah bikin dirumah. Pake hasil ektraksi dari rok presso and the result unfortunately too strong, next pengen coba pake cold brew kayaknya bakal oke 😀 btw yg difoto itu pake meode apa ya ?

  3. Waah, ice cube coffee ya. Baru baca sekarang, tp sudah pernah bikin dirumah. Pake hasil ektraksi dari rok presso and the result unfortunately too strong, next pengen coba pake cold brew kayaknya bakal oke 😀 btw yg difoto itu pake metode apa ya ?

  4. nyoba Iced cube robusta jawa + serutan gula aren pas siang2 peramanya sih enak, tapi lama-lama jd enak baget ampe keterusan. Thx tips nya 🙂

    1. Saya sih suka kopi yang disangrai pada level “light” dan memiliki notes “fruity and bright” kalau untuk kopi dingin tanpa susu. Sedangkan untuk bersusu saya suka kopi-kopi yang “full-bodied”. Tapi kan soal selera beda-beda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.