KOPI DINGIN VS KOPI PANAS. MANA YANG LEBIH SEHAT?

Meski sama-sama kopi, kopi panas dan kopi dingin ternyata memiliki kandungan manfaat yang berbeda. Lalu kamu tim mana? Kopi panas atau kopi dingin?

ARTIKEL ini membicarakan soal kopi dingin dan kopi panas yang keduanya adalah kopi hitam. Bukan kopi susu, kopi gula aren atau kopi dengan perasa lainnya ya. Saya jelaskan di awal biar tak salah kaprah.

Jadi kopi dingin dan kopi panas meski sama-sama kopi ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda. Setidaknya itulah yang diutarakan para peneliti kesehatan seperti yang disunting dari situs bustle.com. Meski keduanya memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh kita. Kedua suhu pada kopi yang biasa kita nikmati tergantung cuaca di luar dan suasana hati ini memiliki manfaat yang berbeda, meski sama-sama kopi. Lalu mana yang lebih banyak manfaatnya? Kopi dingin atau kopi panas?

Kopi Panas Memiliki Aroma yang Mampu Menghilangkan Stres

Tak perlu diminum dahulu, dihirup saja ternyata kopi panas sudah mampu menurunkan kadar stres menurut penelitian ketimbang kopi dingin. Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry pada 2008, aroma kopi mampu mengubah aktivitas yang terjadi di dalam otak sehingga memberikan efek lebih rileks dan  jauh dari stres. Hal ini tidak didapatkan pada kopi dingin karena meskipun tetap beraroma kopi, kopi panas mengeluarkan aroma lebih tajam ketimbang kopi dingin.

Kopi Dingin Lebih Efektif Mencegah Serangan Jantung

Menurut Dr. Yogeswaran seperti yang disunting bustle.com, es kopi mengandung senyawa seperti kafein, magnesium, trigonelin, dan senyawa fenolik yang dapat bekerja dengan menstabilkan tekanan darah. Juga mampunmeningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah yang berefek pada pengurangan resiko serangan jantung. Tapi bukan berarti kopi panas tidak bisa melakukan ini, hanya saja potensi kopi dingin lebih besar.

Kopi Panas Lebih Kaya Antioksidan

Menurut studi berjudul Scinetific Reports yang diterbitkan oleh Universitas Thomas Jefferson pada 2018, ada perbedaan kimia antara kopi panas dan kopi dingin. Menurut studi itu, kopi panas ditemukam memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dari kopi dingin dan membuatnya sedikit lebih sehat. Seperti diketahui antioksidan berperan mengurangi resiki penyakit kanker, jantung, hati dan diabetes.

Kopi Dingin Biasanya Lebih Sedikit Kandungan Kafeinnya

Hal ini tentu harus dihitung dari banyaknya kopi dan jenis kopinya juga. Menurut Jordan Karcher, ahli kopi dan pendiri Grounds & Hounds Coffee Co, kopi dingin mengandung kafein lebih sedikit dari kopi panas. Jadi menurutnya jika kamu ingin ‘tendangan’ kafein namun tak ingin berlebihan, disarankan meminum kopi dingin saja. Kopi dingin mengandung sekitar 40 mg kafein dalam 100 gram kopi. Sedangkan kopi panas mengandung sekitar 60 mg kafein dalam 100 gram kopi.

Jadi sudah tahu ya manfaat kopi dingin dan kopi panas. Jadi tinggal kamu yang memutuskan kopi mana yang cocok kamu nikmati hari ini!

Artikel disunting dari bustle.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.