KOPI GELAS TERBALIK, BEGINI CARA MEMBUATNYA

Please select a featured image for your post

Satu lagi, menikmati cara minum kopi dengan kearifan lokal Indonesia, kopi tubruk tentunya sangat familiar, lalu bagaimana dengan kopi gelas terbalik.

TIDAK ada senikmat minum kopi dengan cara ternyaman, masing-masing pecinta kopi malahan punya preferensi dalam meneguk secangkir kopi mereka. Dari mulai menyesuaikan suasana minum kopi, memaksimalkan cara seduh kopi, hingga mengoptimalkan perlengkapan penyajian kopinya. Upaya tersebut untuk sebagian pecinta kopi dilakukan agar meningkatkan momen minum kopi yang lebih berkualitas.

Kopi gelas terbalik salah satu cara menikmati sajian kopi yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Cara minum kopi ini berkembang sejalan dengan perkembangan budaya minum kopi di Indonesia. Sajian kopi berawal sebagai minuman yang menemani obrolan, dan berkembang menjadi sajian penuh cita rasa. Lalu apa jadinya, jika kopi specialty sekarang ini disajikan dengan cara saji yang telah lama familiar tersebut.

Sekilas Tentang Kopi Gelas Terbalik

Di beberapa literatur, kopi gelas terbalik dikenal dengan istilah kupi khop, cara minum kopi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Aceh. Bahkan, cara minum kopi gelas yang ditelungkupkan ini diusulkan sebagai warisan budaya yang harus terus dipelihara. Namun tidak sedikit juga daerah-daerah di Indonesia yang mempraktikkan cara minum kopi ini. Apakah dibawa oleh masyarakat Aceh ke luar daerah atau pun inisiatif penikmat kopi mencoba cara minum berbeda, yang jelas kopi gelas terbalik berasal dari Indonesia. Kebiasaan cara minum kopi yang unik ini kabarnya sudah dimulai sejak zaman Teuku Umar menlawan penjajahan Belanda di tanah Aceh. Konon, kebiasaan menelungkupkan gelas kopi ini dilakukan karena ingin sajian kopi tetap hangat dan tidak dicemari oleh debu yang terbawa angin.

Cara Seduh Kopi Gelas Terbalik

Bahan

  • Biji kopi gilingan kasar
  • Gelas Kaca
  • Piring Kecil

Cara Saji

  1. Panaskan air hingga mendidih, tunggu 30-60 detik agar suhu air panas turun di suhu optimal untuk menyeduh kopi (90-96 ° celcius).
  2. Masukkan bubuk kopi ke gelas kaca, tuang air panas sedikit untuk tahap blooming, jeda beberapa detik dan tuang air panas kembali.
  3. Tutup gelas dengan piring kecil, kemudian pegang gelas dengan tangan kanan, dan pegang piring kecil dengan tangan kiri, dengan cepat putar keduanya usahakan tidak ada yang kopi keluar.
  4. Sajikan dengan memegang piring, dan kopi gelas terbalik sudah siap untuk dinikmati, diseruput dari pinggir piring atau menggunakan sedotan.
  5. Renggangkan gelas sedikit dari piring kecil sesaat ingin meneguknya, agar kopi keluar dan tertampung di piring kecil.

Untuk rasio kopi yang digunakan, tidak jauh berbeda dengan cara seduh kopi tubruk, bahkan kamu bisa mengeksplorasi sajian kopimu dengan menambahkan sedikit bahan lain seperti kayu manis, cengkeh, atau pun gula merah. Nah, pernahkah kamu mencoba kopi gelas terbalik di rumah, atau penasaran ingin langsung mencobanya, jangan lupa gunakan biji kopi yang segar ya.

gambar utama: fotoaceh.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.