KOPI HERBAL: MENU KOPI UNTUK KESEHATAN?

Siapa yang tak tahu bahwa tanaman herbal memang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Dan dari masa ke masa ternyata tanaman herbal ini sudah diolah bersama kopi menjadi minuman yang dinikmati setiap hari.

DI Benua Afrika dan negara Timur Tengah, kopi yang diseduh dengan beragam tanaman herbal telah menjadi minuman wajib yang dinikmati turun-temurun. Rempah-rempah yang dipercaya membuat tubuh lebih sehat dan berkhasiat memompa stamina ini dinikmati bersama kopi setiap hari.

Credit : 1zoom.net

Para petinggi dan bangsawan menikmati kopi rempah dan herbalnya dalam ritual khusus dan di waktu-waktu penting. Dan hingga kini kopi herbal ini dinikmati di seluruh dunia dengan cara dan resep yang beragam pula.

Saya sendiri pernah menikmati kopi rempah di Old Delhi, India. Di sana kopi dimasak dengan susu sapi dan beberapa tanaman herbal. Antara lain kayu manis, lada hitam, jahe dan kapulaga. Rasanya? Tak pernah saya rasakan hangat dan nikmat yang begitu kompleks. Sekilas rasanya mirip bandrek namun ada sentuhan kopi yang kuat dan pekat.

Kopi herbal atau kopi rempah ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dan menjaga tubuh dari penyakit yang muncul akibat pancaroba. Semisal flu, influenza, batuk dan lain-lain.

Credit : freegreatpicture.com

Di Indonesia saya pernah menikmati kopi rempah di salah satu kedai kopi yang meracik kopi rempahnya dengan jahe dan merica serta diberi dua batang kayu manis. Sang pemilik mengatakan bahwa kopi rempah buatannya ampuh untuk melawan masuk angin dan menghangatkan tubuh. Juga menghilangkan capek dan lelah.

Herannya di kedai-kedai kopi modern kopi herbal jarang ditemui di menu kopi mereka. Yang sering ada paling-paling menu Turmeric Latte yang merupakan super-food yang pada tahun lalu pamornya sedang naik. Sedangkan kayu manis juga sering dijadikan menu kopi karena rasanya yang mungkin lebih bisa diterima.

Sepenasaran itu dengan kopi herbal, saya pun berkali-kali membuatnya sendiri. Pertama, dengan menggunakan kayu manis, jahe dan lada. Kedua, menggunakan kayu manis, bubuk kunyit, dan gula aren. Keduanya sama-sama nikmat meski rasanya berbeda. Ngomong-ngomong ada yang suka mencoba kopi herbal juga? Lain kali saya mau bagi resepnya di Majalah Otten ah!

 

Foto utama dari 7-themes.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.