KOPI HITAM DI KEDAI KOPI HADIR DALAM BANYAK NAMA?

Pernahkah kamu tersadar bahwa di kedai kopi ada banyak sekali jenis menu kopi yang bahannya diracik hanya menggunakan kopi dan air saja?

KOPI hitam terdiri dari kopi dan air. Sudah itu saja. Namun pernahkah kamu perhatikan bahwa banyak sekali menu minuman kopi di kedai kopi yang sebenarnya terdiri dari kopi dan air saja. Ya, kopi hitamlah kita menyebutnya. Kopi hitam ini ternyata tak hanya hadir dalam wujud Americano, Iced Americano, Long Black atau Filter Coffee saja. Mau tahu apa saja kopi hitam yang rupa-rupa namun hanya terdiri dari kopi dan air saja?

credit: getty images

Espresso

Ada yang berpendapat bahwa espresso bukanlah kopi. Namun kawan, pada dasarnya espresso adalah kopi yang diekstraksi dengan air panas. Ya, sekitar 25-30 ml kopi hitam kental berkrema yang menjadi fondasi aneka minuman turunannya.

Doppio

Sama seperti espresso doppio atau double espresso adalah espresso dikali dua. Tentu saja dia adalah kopi hitam kental, tebal berkrema, bukan?

Ristretto

Kalau ini adalah espresso yang ‘dipotong’. Dengan kata lain setengah dari espresso itu sendiri. Mungkin sekitar 12-15 ml dalam sekali saji. Dan tentu ini adalah kopi hitam tapi berbeda nama.

Espresso con Hielo

Minuman yang satu ini adalah espresso dengan es. Biasanya espresso ditambah es juga disebut dengan espresso on the rocks. Lagi-lagi ini juga termasuk ke dalam kopi hitam.

Lungo

Atau espresso yang dipanjangkan. Dengan kata lain ini adalah espresso dengan rasio yang lebih banyak. Beda nama, beda rasa tapi masih kopi hitam saja.

credit: tripadvisor

Americano

Kalau ini sudah tentu semua orang tahu. Americano adalah espresso yang ditambah dengan air panas. Jika ingin dingin kamu tinggal menambahkan es saja dan jadilah Iced Americano. Yang kemudian popular menjadi kopi hitam yang banyak dinikmati pecandu kopi di kedai kopi.

Filter Coffee

Kopi hitam yang satu ini umumnya diseduh manual dengan manual brewer seperti V60, Kalita Wave, Chemex dan banyak lagi. Kopi hitam hasil seduhannya umumnya lebih encer, ringan, segar dan kompleks! Jika ditambah es maka biasa disebut dengan Japanese Iced Coffee.

Kopi Tubruk

Menu kopi paling memikat yang sudah kita nikmati secara turun temurun. Kopi hitam paling klasik ini biasanya diseduh bersama ampas kopi. Kemudian dibiarkan sejenak hingga ampasnya turun ke dasar cangkir. Sedap betul!

Dari semua kopi hitam di atas, yang mana yang paling jadi favoritmu?

Foto utama dari digitaltrends.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.