KOPI-KOPI TRADISIONAL ASLI INDONESIA

Tak hanya budayanya yang kaya, kopi tradisionalnya pun begitu beragam. Indonesia memang berbhinneka. Mulai dari manusia hingga ke kopinya. 
DIBERKATILAH kita yang tinggal di Indonesia dengan segala keragamannya yang menjadikannya istimewa. Ada banyak suku, agama, ras, budaya, makanan hingga kopi pun rupa-rupa jenisnya. Kopi tradisional Indonesia disajikan dengan banyak cara dan muncul lewat banyak nama. Bagi kamu yang ingin mengetahui kopi tradisional apa saja yang di Indonesia, yuk simak di bawah ini.
1. Kopi Tubruk
Hampir semua wilayah di Indonesia pasti sepakat bahwa kopi tubruk adalah kopi tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kesederhanannya memberi candu pada kita semua. Mulai dari zaman kakek nenek hingga ke generani kita, kopi tubruk senantiasa ada dan dinikmati tak kenal zaman.
2. Kopi Joss
Kopi asal DIY Yogyakarta ini sungguh tersohor karena dicampur dengan arang panas yang dinilai mampu mengikat racun. Kopi dengan karbon aktif ini bisa kamu nikmati di sekitar Stasiun Tugu Jogja. Ke Yogyakarta takkan lengkap jika tak pernah seruput kopi yang satu ini. Oh iya jangan lupa ditemani jajanan di lesehan ya.
3. Kopi Khop
Pernah dengan kopi yang disajikan dengan cangkir terbalik? Nah ini adalah Kopi Khop yang biasa ditemukan di Provinsi NAD dan sekitarnya. Menikmati kopi ini sungguh seru karena dari piringnya bukan cangkirnya.
4. Kopi Takar
Di Sumatera Utara tepatnya di Mandhailing Natal kamu bisa menikmati kopi yang disajikan dengan tempurung kelapa. Kopi hitam ini pun diberi kayu manis yang biasa dipakai untuk menyeruput kopi.
5. Kopi Talua
Di Sumatera Barat kamu bisa menikmati campuran kopi dan telur yang dikenal dengan Kopi Talua. Selain telur menu kopi ini juga dicampur kayu manis dan SKM lalu dikocok hingga mengental.
6. Kopi Rarobang
Ambon ternyata punya menu kopi yang khas. Kopi hitam dicampur dengan rempah seperti jahe, cengkeh, kayumanis, gula pasir, kenari dan sereh ini kerap dinikmati siapa saja yang ingin staminanya terjaga atau biasa diminum sebagai obat yang menyembuhkan.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.