KOPI MAMPU MEMPERTAJAM DAYA INGAT?

Jika benar kopi mampu mempertajam daya ingat, maka orang-orang yang pelupa akan terselamatkan hidupnya.

KOPI memang secara sains yang sudah dibuktikan beberapa penelitian memang mampu membantu saraf pada otak untuk membantu manusia bekerja dengan lebih fokus. Selain itu, kafein pada kopi juga mampu membuat peminumnya lebih produktif karena mampu merangsang sistem saraf pada otak untuk melakukan itu.

Namun benarkah kafein pada kopi juga mampu mempertajam daya ingat? Jika benar adanya maka semesta raya ini bisa meminimalisir kejadiaa perihal lupa. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat memaparkan bahwa kafein pada kopi mampu mempertajam daya ingat. Jika seseorang mengonsumsi kafein, 24 jam setelahnya maka daya ingat bekerja dengan lebih tajam.

credit: unsplash.com

Kandungan pada kopi ini dijelaskan mampu meningkatkan kualitas sirkuit memori di dalam otak manusia. Sehingga mampu bekerja dengan lebih maksimal dalam mengingat sesuatu. Penelitian itu dilakukan pada beberapa orang yang bukan peminum kopi rutin. Mereka masing-masing diberikan plasebo yaitu tablet kosong dan beberapa lagi tablet yang berisi 200 mg kafein yang setara dengan secangkir kopi ukuran besar. Kemudian mereka diberi waktu 5 menit untuk mengingat beberapa gambar.

Setelah 24 jam yaitu keesokan harinya, semua peserta diminta untuk mengingat gambar-gambar yang harus diingat semalam. Kelompok yang mendapatkan tablet berisi 200 mg kafein terbukti mengingat lebih baik daripada kelompok yang diberikan tablet kosong.

Kafein memang terbukti membantu saraf untuk bekerja lebih baik dalam mengingat. Tapi penelitian ini belum bisa 100% valid karena masih dalam pengembangan dan membutuhkan sampel orang-orang yang lebih banyak lagi. Tapi setidaknya ada kabar baik untuk pencinta kopi. Di masa depan bisa jadi kopi akan membantu kita mengingat-ingat kenangan yang enggan kita lupakan.

Artikel disunting dari health.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.