KOPI MAMPU MENCEGAH COVID-19 HINGGA 10%!

Kita semua tahu bahwa kopi mampu mencegah banyak penyakit berat. Tapi baru-baru ini sebuah penelitian mengemukakan bahwa kopi mampu mencegah orang terkena virus covid-19 hingga 10%!

TAMPAKNYA berita ini akan menjadi sebuah kabar gembira bagi kita para pencandu kopi yang sehari-harinya memang tak lepas dari si hitam ini. Karena baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Northwestern yang berada Evanston, Illinois, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa mengonsumsi kopi memiliki keterkaitan dengan risiko infeksi yang lebih rendah. Studi yang mereka lakukan ini telah diterbitkan ke dalam sebuah jurnal bernama Nutriens. Penelitian mereka menggunakan 40 ribu sampel peserta.

credit: tiranaobserver.al

Para peneliti ini mempelajari kebiasaan diet para peserta dari 2006 hingga 2010. Kemudian mereka menghipotesiskan risiko berikutnya dengan infeksi virus Covid-19 pada 2020 lalu. Para peneliti ini mengamati secara khusus konsumsi kopi, teh, daging olahan, daging merah, buah, sayuran dan ikan berminyak yang dikonsumsi peserta dalam rentang waktu tertentu.

Kemudian para peneliti menyesuaikan faktor-faktor bawaan seperti ras, usia, jenis kelamin dan faktor lain seperti aktivitas fisik, tingkat BMI dan riwayat kondisi medis tertentu. Di sinilah para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi satu cangkir kopi atau lebih perhari dikaitkan dengan penurunan risiko terkena infeksi sekitar 10% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi rutin.

credit: cbc.cc

Hal ini mungkin ada kaitannya dengan kandungan kafein pada kopi yang bersifat antioksidan, antiinflamasi yang baik untuk tubuh. Selain itu kopi berkolerasi baik dengan biomarker inflamasi terkain dengan keparahan dan kematian yang disebabkan oleh virus Covid-19.

Jadi untuk kamu yang belum minum kopi sehat, alangkah baiknya memulai mengonsumsi kopi secara rutin. Tentunya dengan dosis dan pilihan kopi yang sehati pula.

Artikel disunting dari Detik Health & Times

Foto utama dari lifestylecoop.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.