MENGAPA KOPI MANUAL DISAJIKAN DENGAN CANGKIR KECIL

Cangkir kopi merupakan cara terbaik meneguk nikmat sajian kopi berkualitas setiap hari.

SERING kali sesaat setelah meneguk sajian kopi hasil seduhan sendiri di rumah, selalu ada saja yang sedikit berbeda dibandingkan kopi ala sajian kedai kopi. Dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan kemungkinan sajian kopi seduhan sendiri berbeda dengan seduhan barista akan meminimalisir perbedaan. Mungkin saja karena perbedaan rasio kopi, proses seduhannya, atau pun cara menyajikannya yang sedikit berbeda.

Di kedai kopi favorit yang sering kamu kunjungi, seduhan kopi manual selalu disajikan menggunakan server dan cangkir kecil. Berbeda dengan seduhan kopi sendiri di rumah, server tidak terlalu digunakan dan cangkir agak besar yang menampung seluruh seduhan kopi manual. Padahal, tidak semua cangkir mampu mempertahankan kopi pada suhu nikmatnya. Sebabnya di kedai kopi menggunakan server dan cangkir kecil untuk tiap teguknya.

Server kopi membantu menjaga sajian kopi tetap pada suhu nikmatnya, dan aroma kopi pun berkumpul di dalam server. Bayangkan, ketika kamu ingin meneguk kopi dan menuangkannya dari server, pasti sajian kopi tetap nikmat dan beraroma. Mengetahui hal ini, saya pun mengganti cara penyajian kopi ketika minum kopi di rumah. Hasil seduhan kopi saya masukkan ke tumbler kopi, dan sesaat ketika ingin meneguknya barulah dituang secukupnya ke cangkir kecil. Dengan cara ini, menikmati sajian kopi di rumah setiap hari layaknya meneguk kopi di kedai kopi.

Namun, bukan berarti menggunakan cangkir besar untuk menikmati kopi manual adalah sebuah kesalahan. Untuk meneguk nikmat sajian kopi manual secara santai, kurang tepat jika menggunakan cangkir besar. Suhu nikmat dari sajian kopi memang berangsur menurun, dengan cangkir besar permukaan kopi dengan mudah terpapar udara dan suhu sekitaran. Jangan heran jika sajian kopi manual dengan cangkir besar beberapa saat kemudian akan berbeda karakter rasanya.

Sebabnya sangat jarang sajian kopi manual di kedai kopi disajikan dengan cangkir besar, mengingat cangkir besar tidak mampu menjaga suhu nikmat sajian kopi terlalu lama. Walau pun beberapa orang percaya pada jumlah sajian kopi yang sama, dengan cangkir kopi kecil sajian terkesan lebih banyak dibandingkan cangkir besar. Cangkir kopi yang kecil akan memotivasi seseorang untuk menyeruputnya sedikit demi sedikit, sehingga minum kopi sangat begitu menikmati. Berbeda dengan sajian kopi manual dengan cangkir besar, seseorang akan meneguk kopi secara penuh di mulut dan cepat habis.

Bagaimana menurut kamu, apakah ada perbedaan menikmati kopi dengan cangkir kecil dan cangkir besar.

sumber:
epicurious.com small coffee mugs ar better

3 Comments
  1. iya berbeda banget. saya ingin menyeruput kopi seduhan saat masih panas… karena cita rasanya lebih mengena di sekujur lidah.

  2. Cangkir kopi yang kecil akan memotivasi seseorang untuk menyeruputnya sedikit demi sedikit, sehingga minum kopi sangat begitu menikmati. … ??

    Berbeda dengan sajian kopi manual dengan cangkir besar, seseorang akan meneguk kopi secara penuh di mulut dan cepat habis. … yang begini namanya MINUM KOPI ???

  3. Saya suka menikmati kopi sedari hangat sampai suhu turun..tidak perlu terburu buru, krn dari situlah saya bisa mendapatkan kenikmatan seduhan manual & juga bisa merasakan perbedaan cita rasanya pada saat hangat maupun saat suhu sudah turun..selamat ngopi ngopi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.