KOPI MENCEGAH GIGI BERLUBANG SIMAK ALASANNYA

Kopi mungkin menyebabkan gigi menguning untuk beberapa orang, tapi kopi juga mungkin memberikan manfaat kesehatan gigi sebagian orang.

KESEHATAN gigi erat kaitannya dengan apa saja yang dikonsumsi dan kebiasaan seseorang menjaga kebersihan gigi mereka. Sering kali kebiasaan buruk membersihkan gigi tidak disadari, akhirnya ketika seharian minum kopi dan terlupa membersihkan gigi. Sehingga beberapa orang menyimpulkan sajian kopi tidak baik untuk kesehatan gigi. Padahal faktanya, beberapa penelitian menjelaskan bahwa sajian kopi mampu mencegah gigi berlubang.

Pada proses biji kopi disangrai, sebenarnya beberapa senyawa antibakteri dari mikroorganisme yang terkandung pada biji kopi tercipta. Bahkan antibakteri penyebab gigi berlubang terkandung pada sajian kopi. Peneletian yang digelar oleh peneliti yang berasal dari dua universitas berbeda tergabung dalam American Chemical Society, menemukan beberapa molekul pada sajian kopi mencegah bakteri streptococcus melekat pada email gigi. Stretococcus merupakan bakteri penyebab utama kerusakan gigi dan perlahan gigi akan berlubang. Bakteri ini umumnya dikenal dengan plak, walaupun sebenarnya jenis plak gigi banyak macamnya.

Credit : hartfamilychiro.com

Menggunakan beberapa sampel kopi dari mulai kopi berkafein dan kopi dekafein, menemukan bahwa aktivitas antibakteri pada kopi mengandung anti-adhesive. Mencegah aktivitas bakteri streptococcus tidak melekat pada email gigi, dan rentang keberhasilan rata-rata semua sampel 40.5% hingga 98.1%. Dan penemuan lain, menjelaskan bahwa sajian kopi hijau (yang belum disangrai) tidak memberikan pengaruh seperti sampel kopi lainnya.

Sajian kopi mungkin menyebabkan gigi menguning dan hal ini bisa dicegah dengan rutin membersihkan gigi. Namun disisi lain, sajian kopi juga mampu mencegah plak menempel pada email gigi penyebab gigi berlubang.

Pada akhirnya, sesuatu yang berlebih sememangnya tidak baik, maka tips menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengenal diri sendiri. Hal ini menjelaskan perbedaan pengaruh kafein dari secangkir kopi kopi harian untuk tiap orang. Untuk beberapa orang 1 cangkir kopi sudah memberikan manfaat bangkitkan kebugaran tubuh, sebagian yang lain 1 cangkir tidak berpengaruh apa pun karena sudah terbiasa. Kalau kamu, biasanya berapa cangkir sajian kopi hariannya, yuk berbagi pengalaman minum kopi di sini!

sumber:
sciencedaily.com Coffee May Help Prevent Cavities
img credit: smileaustin.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.