KOPI ROSEMARY UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT

Siapa yang menyukai aroma khas rosemary pada masakan seperti steak? Rosemary tak hanya sebuah sentuhan yang memberi nikmat pada makanan saja. Dia adalah superfood yang ternyata berkhasiat jika diseduh bersama kopi.

KEMARIN saya sudah membiasakan diri menyeduh kopi dengan peppermint. Selain karena rasanya enak dan menyegarkan, peppermint memiliki sejumlah khasiat seperti antiperadangan dan baik untuk sistem pencernaan. Baru-baru ini saya mengetahui bahwa rosemary, tanaman istimewa yang termasuk superfood ini ternyata juga nikmat jika diseduh bersama kopi. Selain menambah aroma yang ‘lebur’ bersama aroma kopi, rosemary ternyata memiliki manfaat baik untuk manuasia.

credit : cleaneatingkitchen.com

Salah satu manfaat rosemary seperti yang kami sunting dari cleaneatingkitchen.com adalah meningkatkan daya ingat dan memperkuat memori kita. Kenapa demikian? Itu karena di dalam rosemary sendiri terkandung antioksidan alami yang disebut caffeic acid dan rosmarinic acid yang membantu mempertajam daya ingat kita. Jadi jika kamu termasuk orang yang gampang lupa atau sulit mengingat sesuatu sehingga menganggu kinerja sehari-hari, kenapa tidak mencoba menikmati kopi dengan rosemary? Siapa tahu khasiatnya benar-benar bisa terasa.

Lalu bagaimana sebaiknya menyeduh kopi dengan rosemary? Ternyata caranya sama sekali tidak sulit. Kamu cukup memilih ingin menggunakan rosemary segar atau yang kering. Keduanya boleh-boleh saja.

Siapkan alat seduh favoritmu seperti Hario V60, Aeropress ataupun French Press. Tuang kopi seperti biasa dan tambahkan beberapa lembar rosemary pada seduhan. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, meletakkan rosemary pada server atau meletakkan rosemary pada dripper. Keduanya sah-sah saja asal rosemary-nya terkena seduhan dan mengeluarkan aroma.

credit : cleaneatingkitchen.com

Sebenarnya bukan aromanya yang dicari meskipun itu sangat menyenangkan, tetapi minyak yang terdapat pada rosemary itu sendiri. Minyak inilah yang mengandung caffeic acid dan rosmarinic acid yang berperan membantu menajamkan daya ingat kita.

Tapi perlu diketahui efek menikmati kopi dengan rosemary ini berbeda pada setiap orang. Mungkin ada yang langsung terasa dan adapula yang tak bekerja sama sekali. Karena setiap tubuh memiliki kondisi dan daya terima terhadap sesuatu berbeda-beda adanya.

Selamat mencoba!

Artikel dan foto disunting dari cleaneatingkitchen.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.