KOPI SEBAGAI SUPLEMEN OLAHRAGA, SIMAK TIPSNYA

Manfaat kopi seperti yang kita ketahui bersama sangat banyak sekali, diantaranya manfaat kopi baik untuk kesehatan, kopi bisa juga sebagai stress release, dan banyak lagi manfaat kopi. Nah, apakah kamu sudah tau kopi bisa juga untuk suplemen ketika berolahraga.

KANDUNGAN pada kopi dapat membantu orang yang berolahraga, jangan heran jika kamu melihat orang yang jogging di taman dengan secangkir kopi, atau mereka yang berolahraga di gym sedang meneguk kopi mereka. Karena memang, kopi dapat meningkatkan kemampuan tubuh ketika berolahraga, kafein pada kopi meningkatkan aliran darah yang nantinya aliran darah tersebut didistribusikan ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu kafein kopi juga merangsang neurotransmitter untuk melepaskan senyawa dopamin tubuh. Senyawa dopamin yang dilepaskan ini memberikan efek pada proses berpikir, belajar, pergerakan, motivasi, kepuasan, dan lainnya.

Kafein inilah yang memberikan rangsangan pada tubuh kita untuk meningkatkan proses latihan yang kita lakukan. Jika kamu terlalu takut minum kopi untuk latihan, karena kopi menyebabkan dehidrasi, bisa jadi kita terlalu banyak meminumnya. Pada jumlah yang berlebih mungkin mulut kamu akan terasa kering, dan pastinya mengganggu ketika latihan, solusinya kamu harus selalu sering minum air mineral untuk menetralkan mulut. Tapi jika minum pada jumlah yang tepat, kopi tidak akan menyebabkan dehidrasi yang berkepanjangan ketika kamu melakukan latihan.

credit: rd.com

Nah, untuk mengambil manfaat kopi sebagai suplemen ketika latihan harus dilihat dari waktu kita memulai latihan. Latihan pagi hari dan latihan pada malam hari sedikit berbeda pola mengkonsumsi kopi. Kamu seringnya berolahraga pagi atau malam?

Latihan Pagi Hari

Untuk mereka yang hobi berolahraga pagi hari, dan ingin memaksimalkan hasil latihan, ada baiknya memanfaatkan kopi sebagai booster latihan pagi hari. Dengan waktu yang tepat, kopi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pencapaian hasil latihan kamu.

Manfaat kopi diserap tubuh sekitar 15 – 45 menit setelah meminumnya, dan antara 30 – 75 menit manfaat kopi pada titik optimal tubuh. Ada baiknya sebelum latihan di pagi hari, minum kopi 1 jam sebelum latihan agar latihan kamu optimal, namun tak perlu terlalu banyak secukupnya saja.

credit: cyclingtips

Latihan Malam Hari

Berbeda bagi mereka yang latihannya selalu malam hari, menyempatkan berolahraga di tengah aktifitas harian. Pergi ke pusat kebugaran atau olahraga lainnya seperti main badminton, futsal, atau lainnya.

Reaksi kopi pada tubuh sekitar 4 – 6 jam, tapi tubuh tiap orang berbeda menerima reaksi dari kopi. Latihan di malam hari tidak jadi permasalahan, namun jangan sampai mengorbankan waktu tidur kamu. Baiknya sebelum latihan, minum kopi di sore hari jika ingin berolahraga malam harinya, agar tidak mengganggu waktu tidur kamu.

src: dailyburn.com img: rd.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.