KOPI TIDAK BOLEH DICAMPUR DENGAN MINUMAN BERENERGI?

Kopi adalah salah satu minuman paling fleksibel karena bisa dicampur dengan banyak minuman dan bahan lain. 

KOPI yang kita nikmati setiap hari memang sering menjadi bahan eksperimen dan dicampur dengan beragam minuman lain demi mendapatkan sensasi baru dalam menikmatinya. Tak jarang kita mencampur kopi dengan susu, teh, sirup, soda hingga minuman beralkohol lainnya. Hebatnya semua bahan yang disebutkan pernah menjadi campuran kopi tadi sama sekali tak masalah bagi kesehatan kita asal dikonsumsi dengan dosis yang tidak berlebihan.

Namun baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa kopi tidak bisa dicampur dengan minuman berenergi karena bisa mengganggu kesehatan orang yang mengonsumsinya. Mengapa demikian? Seperti diketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi sedangkan minuman berenergi juga memiliki kandungan kafein yang bahkan lebih tinggi dari kopi.

Jika keduanya dicampur dan diminum dalam satu waktu makan kelebihan dosis kafein pada minuman itu dikatakan akan mengganggu kesehatan tubuh. Karena setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadap kafein. Mencampur kopi dan minuman berenergi dalam satu minuman dinilai bukanlah tindakan bijak karena bisa membahayakan diri sendiri. Meski kita ketahui mungkin ada orang-orang istimewa yang tubuhnya bisa saja menerima kafein dalam jumlah besar. Namun menurut para peneliti tersebut hal ini sangat beresiko.

Lalu bagaimana dengan soda? Bukankah soda memiliki kandungan kafein juga? Minuman bersoda ternyata kandungan kafeinnya tak lebih tinggi dari minuman berenergi sehingga masih dinilai tidak berbahaya. Well, jika kamu ingin stamina yang kuat dan berharap mencampur kopi dan minuman berenergi dapat mengatasinya maka buang jauh-jauh pikiran itu karena bisa jadi tubuhmu tidak bisa menerima jumlah kafein yang terlalu besar itu.

Konsumsilah minuman berenergi secara terpisah atau kopi saja. Mencampur keduanya demi mendapat energi atau cari sensasi bisa jadi akan merugikan diri sendiri. Untuk lebih aman, biasakan membaca keterangan di tiap kemasan minuman yang akan kamu campur bersama kopi. Jika ragu, jangan dikonsumsi ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.