KOPI TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH DAN IMUNITAS TUBUH

Selalu menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, apalagi ketika masa sulit seperti sekarang ini.

WASPADA bukan berarti waswas, semakin banyak orang sadar dan paham pencegahan penyebaran virus corona, secara serentak Saya yakin semua orang bisa melalui pandemi ini. Menjaga tubuh tetap bugar, mengkonsumsi makanan sehat bergizi, melakukan aktivitas di rumah merupakan bentuk pencegahan penyebaran virus ini. Selagi di rumah, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan seperti baca buku, nonton serial, dan sebagai penikmat kopi, eksplorasi sajian kopi tentu hal menarik atau mulai meracik resep sajian kopi sendiri.

Tidur teratur dan konsumsi makanan sehat bergizi membantu menjaga daya tahan dan imunitas tubuh. Bahkan sebuah fakta penelitian menjelaskan bahwa kafein kopi mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Sheffield Hallam, Inggris, melibatkan delapan orang pria yang diminta bermain sepak bola dan dinilai kualitas permainannya.

credit: theconnectionexchange.com

Pertama, relawan diminta minum tanpa kafein dan sebelum pertandian kedua mereka ditawarkan minuman berkafein dan yang ketiga sebelum pertandingan mereka mengkonsumsi minuman mengandung kafein dan karbohidrat. Hasilnya, di pertandingan ketiga para relawan lebih bersemangat karena mengkonsumsi minuman campuran kafein dan karbohidrat.

Disimpulkan Mayur Ranchordas, penulis studi ini, menjelaskan kafein dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam waktu singkat tapi dengan tambahan karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih lama dan tubuh tetap bugar. Meningkatkan daya tahan tubuh, tidak cukup dengan menjaga tubuh tetap bugar, konsumsi makanan sehat dan cukup kafein kopi berikan daya tahan tubuh yang lebih lama.

Tidak hanya itu saja, kandungan kafein juga berkontribusi meningkatkan imunitas tubuh, dengan catatan kadar asupan kafein tiap orang berbeda-beda, dikutip dari laman copemanhealthcare.com.

  • Konsumsi kopi filter dikaitkan memiliki tingkat lebih rendah menunjukkan tanda inflamasi (merupakan peradangan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing seperti virus, bakteri dan lainnya)
  • Kandungan antioksidan polifenol pada kopi dapat membantu mencegah beberapa kanker, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurologis

Asupan kafein kopi yang berlebih tidak baik untuk seseorang, sebabnya harus dinetralisir dengan minum air mineral, makanan sehat bergizi,, olahraga gerak tubuh, dan istirahat yang cukup.

Kafein kopi memberikan efek yang berbeda untuk tiap orang, cukuplah sehari dua cangkir atau kenali batasan asupan kopi untuk diri sendiri. Efek kafein kopi bervariasi tergantung pada respons seseorang yang dilihat dari frekuensi konsumsi kopi harian, berat badan tubuh, usia, konsumsi obat dan kesehatan mental seseorang.

Memanfaatkan kopi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga imunitas tubuh, harus disertai dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat bergizi.

sumber:
copemanhealthcare.com sciencedaily.com
img: bustle.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.