KOPI TUMBUH BISA DI AMERIKA SERIKAT?

Kita selalu berpikir bahwa Amerika Serikat adalah negara tempat lahirnya Starbucks. Tak pernah kita mengira bahwa negeri Paman Sam ini ternyata bisa menumbuhkan kopi.

SEBELUM marah-marah karena judul di atas sebaiknya kita telaah dahulu. Amerika Serikat memang Negara Barat. Dan sejatinya negara di belahan barat sana hanya ditakdirkan untuk menjadi konsumen peminum kopi terbesar tanpa dianugrahi kemampuan untuk menanam kopi di tanahnya. Kopi milik negara-negara beriklim tropis yang berada di “special belt” dunia. Indonesia adalah satu dari yang beruntung itu.

Namun kita harus ingat bahwa ada satu wilayah di Amerika Serikat yang tampaknya cukup beruntung. Iklimnya tropis dengan suhu yang cocok untuk tempat tumbuhnya kopi dengan subur dan sehat. Bukan California, Washington D.C., Ohio, Florida dan sebagainya. Lalu di mana? Hawaii. Kawan, Hawaii juga Amerika Serikat. Ha-ha-ha.

Hawaii diberkati dengan tanahnya yang subur dan di sana kopi tumbuh sejak lama bahkan sebelum wilayah ini dibentuk menjadi “state”. Kopi di Hawaii ditanam bertahun-tahun dan hingga hari ini dikonsumsi tak hanya di Amerika Serikat saja tetapi juga diekspor di banyak negara salah satunya Jepang.

Kopi yang paling dikenal di Hawaii adalah Kopi Kona yang berasal dari Distrik Kona. Kopi ini dibudidayakan di Lereng Hualalai dan Mauna Loa di Distrik Kona Utara dan Selatan yang merupakan salah satu pulau besar di Hawaii. Reputasi Kopi Kona ini cukup diakui bahkan katanya menjadi salah satu kopi dengan harga lumayan mahal. Alasan harga kopi yang mahal adalah ada hubungannya dengan upah pekerja yang cukup tinggi di Amerika Serikat. Tapi tak  hanya itu saja, kualitas Kopi Arabika Kona ini memang digadang-gadang layak dihargai dengan jumlah yang mahal.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.