KOPIMU TAK NIKMAT? MARI INTIP 3 PERKARANYA

Kopimu tidak nikmat seperti yang di seduh di kedai kopi favoritmu padahal kamu membeli biji kopi yang sama dari sana? Please jangan salahkan biji kopinya. 

MESKI topik ini sering dibahas di mana-mana, tapi rasanya saya harus menulisnya juga. Pengalaman ini datang dari seseorang yang kecewa karena pernah membeli biji kopi yang direkomendasikan seorang barista di kedai kopi. Dengan emosi dia merasa tertipu karena biji kopi yang dia beli tidak enak dan berbeda rasanya dari yang dia coba di kedai kopi tersebut. Padahal jenis biji kopi yang dibeli sama. “Jangan-jangan saya sudah ditipu baristanya, mbak. Masa waktu diminum di sana kopinya enak pas diseduh sendiri di rumah dengan metode yang sama rasanya beda?” “Apa mungkin bijinya salah kasih?”

Well, setelah ngobrol dan tanya-tanya sembari mendengar curhatnya kemudian saya tahu memang ada kekeliruan. Jadi untuk kamu yang mungkin sering bernasib sama, mungkin kesalahan ada pada dirimu. Dan berikut ‘kesalahan’ yang menyebabkan kopimu mendadak tak enak meski biji kopinya sudah baik dan bagus.

Credit by azzurrodue.com

Perkara Air

Air itu esensial. Karena kamu tahu komposisi secangkir kopi adalah kopi dan air. Sudah itu saja. Jadi berhati-hatilah dalam memilih air yang akan kamu pakai untuk menyeduh. Air yang baik (tak usahlah bicara soal mineral, magnesium atau pH) adalah tak berasa, tak berwarna dan tak berbau seperti yang kita pelajari di sekolah. Begitulah seyogyanya air yang kita pilih untuk seduh. Tak hanya masalah jenis air, masalah suhu air juga penting. Suhu air tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah karena tentu memengaruhi rasanya. Pun jumlah banyaknya rasio air. Kamu harus benar-benar memerhatikan perbandingan seduhmu. Apakah 1:12, 1:15 dan seterusnya.

Perkara Kopi

Apa pula perkara kopi? Bukankah biji kopinya sudah enak? Iya tapi kamu juga tak boleh keliru dalam menentukan level gilingan kopinya, bukan? Level gilingan tergantung dengan metode seduh apa yang kamu pilih pun tergantung jenis kopinya juga. Pemilihan level gilingan yang tak tepat akan berpengaruh sekali pada hasil seduhan. Dan jangan-jangan selama ini keliru menggiling menjadikan kopi kamu tidak nikmat. Siapa tahu?

Perkara Kebersihan

Kebersihan itu memengaruhi rasa. Jadi ada baiknya perhatikan kebersihan semua alat kopi yang akan kamu gunakan untuk menyeduh. Mulai dari penggiling yang harus kamu bersihkan dari sisa gilingan kopi sebelumnya. Ketel yang mungkin berdebu. Kertas penyaring hingga wadah untuk menampung hasil kopi. Kalau saya sangat membiasakan untuk membilas cangkir dan server dengan air panas sebelum digunakan biar lebih bersih dan suhu kopi juga terjaga. Ya, mungkin saja selama ini kamu kurang teliti memerhatikan kebersihan sehingga rasa kopi jadinya kurang nikmat.

Nah, jika ketika ‘perkara’ ini sudah diterapkan, mudah-mudahan kopi bisa jadi lebih nikmat ya?

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.