KOPINESIA: SENSASI NGOPI DI PROBOLINGGO

Terkadang kita harus mencoba sesuatu yang berbeda agar mencintai perbedaan sebegitu rupa. Dalam kopi, perbedaan lahir dengan begitu indah.

 SAMSUNG CSC

Saya memang pejalan. Dan di dalam perjalanan saya akan menyempatkan singgah di kedai kopi di manapun saya melangkah. Waktu ke Probolinggo saya sedikit pesimis akan kedai kopi yang ada di kota ini. Maklum Probolinggo adalah kota kecil tempat persinggahan saya sebelum mampir ke Bromo Tengger. Beruntung saya memiliki seorang teman yang tinggal di Probolinggo, darinya saya tahu (meski tak banyak) ada beberapa kedai kopi yang bisa menjadi tempat nongkrong menikmati secangkir kopi yang mungkin memberikan pengalaman berbeda.

Dari dua jenis coffee shop yang saya coba di Probolinggo, saya lebih jatuh hati dengan sebuah kedai kopi kecil di pinggir jalan bernama Kopinesia. Kedai kopi ini tak besar. Hanya berupa sebuah rumah kecil yang berteras tak terlalu luas. Interior dan desain kedainya pun tak dibuat macam-macam. Segalanya begitu sederhana. Tak ada kesan mewah seperti di coffee shop kota besar. Namun kesederhanaannya yang justru membuatnya menarik.

SAMSUNG CSC

Saya memilih duduk di bagian outdoor sambil melihat manusia lalu lalang. Di menunya ada banyak jenis kopi-kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sidikalang, Gayo sampai Sumatera. Di daftar menu saya tertarik memesan Kopi Galau. Tanpa bertanya apa maksud dari kata ‘galau’ yang ada di kopi tersebut saya memesan saja karena namanya unik. Eh ternyata Kopi Galau ini adalah kopi hitam biasa yang racikannya (katanya) rahasia. Ngopi memang tak lengkap jika tanpa camilan. Sepiring pisang goreng keju dan singkong goreng pun menjadi teman paling pas menemani hari yang semakin malam.

SAMSUNG CSC

Tak hanya di Probolinggo, ternyata Kopinesia ini juga ada di Jember. Konsep kedai kopi ini pun tetap sama. Mengusung kedai kopi yang menyajikan biji kopi seluruh Indonesia. Tanpa berkata banyak saya cukup dipuaskan dengan kedai kopi Kopinesia yang ternyata ada di sebuah kota seperti Probolinggo. Meski tak mewah, Kopinesia memberi pengalaman berbeda tentang minum kopi. Apalah arti kemewahan tanpa kenyamanan. Apalah arti minum kopi tanpa teman tempat segala cerita dicurahkan.

142 total views, 26 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.