KOREA SELATAN MELARANG ADANYA KOPI DISEKOLAH. BENARKAH?

Kopi bukanlah sesuatu yang terlarang. Tapi pemerintah Korea Selatan melakukan kebijakan baru yaitu melarang adanya penjualan kopi di setiap sekolah di negaranya. Ops!

BARU kali ini ada sebuah negara yang melarang adanya penjualan kopi di sekolahnya. Gerakan yang dilakukan pemerintah Korea Selatan ini dikarenakan mereka ingin mengampanyekan gaya hidup sehat di tiap sekolah. Tak hanya para siswa yang dilarang mengonsumsi kopi di sekolah, para guru juga tidak boleh melakukan hal yang sama dalam rangka mendukung kampanye pemerintah ini. Pemerintah Korea Selatan mengatakan bahwa penjualan makan dan minuman yang memiliki kalori dan kafein yang tinggi akan dilarang di semua sekolah di Korea Selatan.

Meski begitu, kopi yang dijual untuk para guru di kios dan vending machine masih diperbolehkan. Hanya saja batas peredaran penjualan kopi di tiap sekolah benar-benar ketat dan dibatasi. Larangan ini mulai digalakkan mulai 18 September 2018 ini. Dan sekolah yang tidak diperbolehkan menjual kopi adalah sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Departemen Keamanan Pangan dan Obat-obatan kepada Times Korea mengatakan hal ini dilakukan agar anak-anak dan remaja mengonsumsi makanan sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk mengonsumsi makanan yang tidak kaya nutrisi. Dan mereka bekerja keras agar gerakan ini tidak gagal.

Lalu kenapa harus kopi yang menjadi garis besarnya? Ternyata kopi sering membuat anak-anak pusing, berdebar dan cemas jika dikonsumsi secara berlebihan. Dan memang sejak masukny Starbucks pada 1990 ledakan peminum kopi di Korea terus meningkat. Banyak anak-anak dan remaja yang mengonsumsi juga bahkan dalam kadar yang berlebihan. Hal ini menyebabkan mereka cemas, pusing dan berdebar-debar.

Menggilanya masyarakat Korea Selatan dalam mengonsumsi kopi dibuktikan dengan perkembangan kedai kopi di sana. Jumlah kedai kopi di Korea Selatan lebih dari tiga kali lipat antara tahun 2011 dan 2015, dari 12.400 menjadi 49.600. Luar biasa! Tapi tak hanya kopi saja yang dilarang, minuman soda, minuman berenergi yang mengandung kafein juga akan benar-benar dilenyapkan di tiap sekolah.

Tapi jangan khawatir, ini hanyak diberlakukan di sekolah saja. Di luar sekolah setiap orang bisa leluasa dalam menikmati kopinya!

Disunting dari independent.co.uk

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.