KRUVE: AYAK KOPIMU SEBELUM DISEDUH

Kalau gilingan biji kopimu tidak merata, tidak perlu buru-buru beli grinder baru. Cukup ayak kopimu sebelum diseduh.

SEBAGUS-BAGUSNYA alat giling kopi, belum ada yang bisa menghasilkan ukuran gilingan yang konsisten seratus persen. Gilingan kopi yang tidak rata itu bisa membuat seduhan menjadi ekstraksi tidak optimal.

Semisal, ukuran gilingan espresso jelas lebih halus dibanding kopi metode V60. Apabila ada gilingan kasar yang masuk ke dalam seduhan espresso, ekstraksi bisa jadi tidak optimal seperti yang kamu inginkan. Atau semisal ada gilingan yang terlalu halus masuk ke filter V60, potensi ekstraksi berlebihan bisa saja terjadi.

Credit : shopify.com
Credit : shopify.com

Namun, kelemahan ini tidak lagi jadi momok bagi para penikmat kopi spesialti. Sekarang hadir Kruve, alat pengayak gilingan biji kopi. Kruve adalah pengayak berbentuk segitiga dan bertingkat tiga. Lapisan teratas untuk menyaring gilingan kopi paling kasar bahkan kulit ari biji kopi, tingkat kedua gilingan medium, yang terakhir adalah gilingan paling halus.

Cara menggunakannya sangat mudah. Tinggal tuangkan gilingan biji kopi ke lapisan teratas, tutup, lalu ayak. Hasilnya nanti akan terlihat dalam tiga jenis saringan tadi.

Credit : coffeesomething.com
Credit : coffeesomething.com

Ayakan tiga lapis ini membantu kamu untuk mendapatkan grind size yang lebih spesifik ketimbang gilingan mesin atau hand grinder, karena memiliki lebih dari 10 ukuran penyaring dari kasar, medium, hingga ukuran mikro. Selain membuat hasil gilingan praseduh makin mantap, Kruve juga bisa jadi tolok ukur kualitas satu grinder tertentu.

“Many have tried to perfect the grinder, but we perfected the grind,” kata Mark Vecchiarelli, salah satu pendiri Kruve.

Bukannya ingin menyingkirkan penggiling kopi yang tidak rata, melainkan Kruve ingin menyempurnakan hasil gilingan itu. Dengan kalibrasi ukuran giling biji kopi, bukan tidak mungkin kamu bisa gampang menyesuaikan ukuran gilingan dengan metode seduhnya. Akhirnya, gilingan kopi yang rata bisa menghasilkan seduhan kopi yang lebih mantap juga.


 

Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Mustika T. Yuliandri
Disunting dari freshcup.com. Foto utama dari gearnova.com

barista-tools

857 total views, 13 views today

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.