KULIT TELUR BISA JADI CAMPURAN KOPI?

Kuning telur dicampur kopi sudah biasa. Lalu bagaimana dengan kulit telur yang jadi campuran kopi? Ini baru luar biasa.

SESUNGGUHNYA kopi dan telur adalah dua hal yang sering memberi kenikmatan banyak orang terutama orang-orang Norwegia dan Viet Nam sana. Namun sebuah fakta mengejutkan yang saya sunting dari livestrong.com mengatakan bahwa kulit telur bisa menjadi campuran kopi yang KATANYA nikmat pula.

Biasanya kulit telur berakhir di tong sampah karena memang hampir tak ada fungsinya selain dijadikan prakarya. Namun, ternyata kulit telur yang mengandung alkalin sangat cocok dicampur dengan kopi yang mengandung acid. Para peneliti mengatakan bahwa sifat alkalin yang ada di dalam kulit telur memberi sensasi seimbang pada asam kopi. Jadi untuk mereka yang tidak suka kopi terlalu asam, sebaiknya mencampurkan kulit telur yang sudah dihaluskan pada kopinya. Wow!

Bisakah kamu membayangkan bahwa kopi yang kamu seruput di pagi hari itu mengandung kulit telur? Jujur hal ini sukar sekali dicerna namun memang begitulah adanya. Cara menggunakan kulit telur ini pun cukup mudah. Untuk satu cangkir besar kopi (kira-kira 250 – 300 ml kopi) bisa dicampurkan kurang lebih 1 sendok teh kulit telur yang sudah dihaluskan.

Well, tentu sebelumnya kamu harus membersihkan kulit telur tersebut dengan seberseih-bersihnya. Menyingkirkan kotoran beserta bau amis sisa isi telurnya. Setelah itu kulit telur tersebut harus benar-benar dikeringkan sebelum masuk ke proses penggilingan hingga halus. Sedang untuk kopinya kamu bisa menyeduh kopi hitammu dengan metode apa saja. Dan kopi dengan sensasi sedap bisa kamu nikmati.

Ingat! Kulit telur yang bisa digunakan hanya kulit telur segar. Bukan kulit telur sisa telur rebus ya. Karena kulit telur yang sudah direbus biasanya mengeluarkan zat serupa belerang yang apabila dicampurkan pada kopi akan memberi aroma dan rasa yang tidak menyenangkan.

Jadi bagaimana, kira-kira mau coba resep kopi dengan kulit telur ini?

 

Artikel disunting dari livestrong.com

Foto dari Credit : 1zoom.net

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.