LAKUKAN HAL-HAL INI KALAU KAMU AKTIF MINUM KOPI!

Hidup tak hanya tentang kopi. Oleh karena itu, selain minum kopi secara aktif kamu juga harus memerhatikan hal-hal kecil agar tubuh senantiasa sehat.

SEBAGAI peminum kopi aktif yang setidaknya minum kopi tiga kali sehari, saya memerhatikan banyak hal agar tubuh tidak terganggu dan kesehatan tetap senantiasa seimbang. Dan berdasarkan obrolan saya dengan seorang ahli gizi, kopi memang baik untuk kesehatan tapi jika berlebihan tentunya bisa mengganggu stabilitas kesehatan manusia. Lagian semua yang berlebihan dikonsumsi akan jadi bumerang juga, kan? 

credit: theconnectionexchange.com

Jadi berdasarakan obrolan itu, ada beberapa hal kecil namun penting yang bisa kamu lakukan jika kamu merupakan peminum kopi aktif. Tips ini bisa ditiru agar ritual ngopi tetap lancar dan tubuh tetap segar bugar. Apa saja itu? Simak jawabannya di bawah ini!

Cukupkan Asupan Air Putih

Kopi memiliki kandungan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Itu kenapa biasanya sehabis minum kopi kamu sering merasa haus. Selain itu, kopi juga dicerna oleh saluran kemih yang membuat kita sering buang air kecil. Dan tentunya berefek pada cairan dan menyebabkan pengurangan air di tubuh. Oleh karena itu, jika kamu peminum kopi aktif, jangan sampai malas minum air yang cukup ya. Kopi memang enak, tapi kebutuhan air pada tubuh juga harus dipenuhi agar kita senantiasa sehat.

credit: lifestylecoop.com

Mengisi Perut Sebelum Ngopi

Tidak semua orang tubuhnya kuat ngopi saat perut masih kosong. Kopi memiki kandungan asam yang bisa memicu reaksi tidak menyenangkan pada lambung untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, disarankan untuk makan sesuatu terlebih dahulu sebelum minum kopi agar tubuh stabil tanpa ada gejala yang tidak diinginkan.

Berhenti Ngopi 4-5 Jam Sebelum Tidur

Karena tidak semua orang imun terhadap kafein di kopi, maka sebaiknya kamu berhenti minum kopi 4-5 jam sebelum waktu tidur tiba. Kafein mampu memicu sistem saraf agar kamu senantiasa aktif dan pastinya mampu mengacaukan waktu tidur dan membuat kamu terjaga. Kurang tidur akan menganggu kesehatan dan tentunya tak baik untukmu!

Foto utama dari freepik

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.