LEBIH DEKAT DENGAN BIALETTI

Jika kita berkunjung ke rumah seorang Italia, maka topik pertama yang umumnya langsung diobrolkan adalah kopi.

“MAU minum kopi apa?” adalah pertanyaan pertama yang umumnya selalu ditanyakan begitu kita menginjakkan kaki di rumah orang Italia. Itu bukan kata saya, tapi kata Giandomenico Mercurio, regional manager Bialetti yang juga merupakan orang Italia tulen  dan belum lama ini mengunjungi Otten Coffee. Sebegitu kuatnya kopi dalam kultur Italia sampai-sampai minuman ini dianggap ritual penting yang tak boleh dilewatkan setiap pagi. Bukan hanya sekadar urusan remeh-temeh tentang meracik kopi saja, tapi juga kopi yang akan dihasilkan pun harus “memenuhi standar” lidah orang Italia yang memang dikenal cukup rewel untuk urusan kopi.

Jika kalian melewatkannya, kami sudah pernah membahas sedikit perkenalan tentang Bialetti di sini. Kali ini, mari semakin memahaminya lebih dekat. :p

DSCF6939
Giandomenico Mercurio di Otten Coffee

Temukan Bialetti yang cocok untukmu

Seperti halnya brands klasik lainnya, Bialetti pun memiliki serangkaian produk yang diciptakan untuk membuat kopi yang berbeda-beda pula. Jika kalian misalnya adalah penggemar espresso, maka jangan sampai salah memilih Bialetti yang seharusnya digunakan untuk membuat cappuccino. Begitu sebaliknya.

Berikut adalah semacam panduan yang boleh disimak untuk menentukan tipe Bialetti bagaimana yang cocok untuk kamu.

• Bialetti Moka Express.

Bialetti berdesain klasik ini ditujukan bagi mereka yang menyukai kopi dengan kadar medium dan tidak terlalu strong. Material Bialetti Moka Express ini sepenuhnya terbuat dari food grade alluminium alloy yang aman untuk kesehatan. Bialetti Moka Express pada dasarnya memiliki karakteristik dan “kinerja” yang sama dengan beberapa seri Bialetti lain seperti Dama, Fiammetta, atau Break.

Bialetti Moka Express

Coffee collector pada Moka Express
Moka Express memiliki coffee collector di katup atasnya

Jika kalian suka membuat kopi dengan aroma yang khas namun rasanya tidak terlalu intens, maka Bialetti Moka Express ini adalah pilihan yang tepat.

 

Bialetti Brikka

Bialetti tipe ini didesain untuk memproduksi lebih banyak crema dibandingkan dengan Moka Express. Brikka menggunakan pressure valve yang telah dipaten sehingga bisa menciptakan tekanan lebih tinggi dibandingkan Bialetti biasa. Yang membedakan tampilan Brikka dengan Bialetti seri-seri lainnya adalah sebuah tutup (yang merupakan valve khusus penahan tekanan) di bagian katup atas. Ketika air mendidih, tutup/pressure valve di bagian atas akan menahan tekanan sedikit lebih lama sampai kopi yang akhirnya keluar benar-benar terekstraksi dengan maksimal. Itulah sebabnya kenapa Bialetti Brikka umumnya menghasilkan kopi dengan citarasa lebih intense, lebih kuat, dan cenderung lebih kental dibandingkan dengan Bialetti Moka Express dan sejenisnya.

Brikka memiliki pressure valve di katup atas sehingga membuat kopi terasa lebih strong.
Brikka memiliki pressure valve di katup atas sehingga membuat kopi terasa lebih strong.
pressure valve pada brikka
Bialetti Brikka memiliki pressure valve di katup atas sehingga membuat kopi terasa cenderung lebih kental dari biasanya.

Nah, jika kalian adalah penyuka espresso dan kopi-kopi yang cenderung terasa lebih bitter, Bialetti Brikka ini adalah pilihan yang cocok.

 

• Bialetti Mukka Express

Bialetti mukka express

Mukka adalah seri Bialetti yang ditujukan bagi mereka yang suka membuat cappuccino. Jadi jangan sampai keliru antara Moka dengan Mukka, ya. Cara kerja Mukka Express sedikit mirip dengan Brikka, namun kita harus menuangkan susu di chamber bagian atasnya dulu sebelum mulai menyeduh kopi. Bialetti Mukka Express juga memiliki pressure valve khusus, namun kali ini fungsi valve tersebut adalah untuk proses steaming sampai frothing susu. Valve pada Mukka Express memiliki 2 posisi yang bisa diatur, yaitu untuk membuat cappuccino atau untuk membuat latte. Simak video penggunaan Mukka Express berikut ini:

 

• Bialetti Moka Sport Melody

Bukan rahasia lagi jika sepakbola serupa agama bagi orang Italia, jadi membicarakan klub sepakbola favorit pun seringkali dianggap sakral, apalagi membicarakannya sambil minum kopi. Giandomenico Mercurio, sang regional manager Bialetti yang awalnya selalu tampak serius itu pun bisa mendadak cair, segera menari tanpa malu-malu sambil menyanyikan “national anthem” Juventus, klub favoritnya, begitu saya mengajaknya mengobrol tentang klub Italia. Bialetti Moka Sport Melody

Jika kalian juga penggemar klub-klub sepakbola Italia yang barangkali akan bertingkah sama konyolnya begitu ngobrol tentang Serie A, Bialetti Moka Sport ini merupakan alat membuat kopi yang cocok. Fungsinya sama dengan Bialetti Moka Express. Bedanya, Bialetti Moka Sport memiliki musical knob yang akan segera melantunkan anthem dari klub favorit pada saat air mendidih—yang merupakan pertanda kopi sudah siap dinikmati.

 

• Bialetti Moka Crystal

Menurut Mercurio, Bialetti Moka Crystal adalah satu-satunya seri Bialetti yang tidak akan diproduksi kembali. Karena pabrik yang tadinya mencetak desain kristal pada moncong Moka Crystal sudah berhenti beroperasi selamanya. Di sisi lain, pihak Bialetti sendiri tidak menemukan produsen yang sanggup mencetak desain yang sama persis seperti sebelumnya. Dengan kata lain, Bialetti Moka Crystal sudah termasuk “barang langka”. Jika punya Bialetti edisi ini di rumah, kalian beruntung sekali. :p

Bialetti Moka Crystal. Foto dari mojocoffee.
Bialetti Moka Crystal. Foto dari mojocoffee.

Btw, Bialetti Moka Crystal yang katup atasnya terdiri dari kaca Kristal ini memiliki makna khusus tersendiri. Selain desain muncungnya yang khas dan sedikit berbeda dibandingkan seri Bialetti lainnya, kaca kristal yang transparan juga membuat kita bisa melihat dan menikmati proses kopi terseduh. Ritual membuat kopi pun menjadi pengalaman pribadi yang menyenangkan.

 

Do and don’ts dalam membersihkan Bialetti

• Jangan pernah menggunakan sabun atau bahan pembersih yang mengandung deterjen ketika akan membersihkan/mencuci Bialetti. Pembersih yang mengandung deterjen/sabun biasanya akan meninggalkan bau sehingga akan memengaruhi rasa kopi yang akan diseduh. Sebaliknya, cukup bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir, atau dengan air hangat jika memungkinkan.

• Setelah dibersihkan, keringkan setiap bagian Bialetti dengan kain bertekstur lembut. Hal berikut ini penting untuk diperhatikan: khusus untuk bagian funnel, gasket dan filter plate-nya, kalian harus meletakkannya dalam posisi miring—bukan menghadap terbuka ke atas agar residu kopi yang sekiranya tersisa bisa mengering dengan sepenuhnya.

bialetti parts
Bagian-bagian detail Bialetti

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Bialetti

Mumpung regional manager-nya Bialetti main langsung ke Otten Coffee, sekalian saja kami titipkan beberapa persoalan yang sering ditanyakan tentang Bialetti. Silakan disimak, siapa tahu diantaranya pernah menjadi pertanyaan kalian juga. :p

• Mengapa dasar pot Bialetti saya terbuat dari stainless steel, bukan aluminium? Apakah produk Bialetti saya palsu?

Tidak. Bialetti yang dasar potnya terbuat dari stainless steel adalah produk Bialetti yang termasuk ke dalam seri Bialetti Induction. Bialetti Induction sendiri memang didesain sedemikian rupa karena ditujukan untuk penggunaan di atas berbagai pemanas mulai dari pemanas listrik, gas sampai induksi. Itulah sebabnya bagian dasarnya harus terbuat dari stainless steel. Karena kalau dari aluminium, kopi di dalam Bialetti tidak akan naik ke chamber atas karena mokapotnya tidak akan cukup panas untuk menyeduh kopi.

• Apakah bahan aluminium aman untuk kesehatan?

Iya. Teko kopi yang terbuat dari aluminium bahkan disebut-sebut bisa membuat aroma kopi semakin kuat setiap kali diseduh. Karena jejak-jejak residu kopi yang mungkin tertinggal dan menebal dalam dasar pot akan membuat aromanya semakin kental lalu menguarkannya semakin khas.• Kenapa tidak ada edisi klub-klub (Liga) Inggris atau klub negara lainnya pada Bialetti seri Moka Sport Melody?

Bialetti adalah produk asli Italia dimana penduduknya sangat fanatik dengan klub-klub sepakbola negaranya. Masih tanya kenapa? :p

 

 

That’s all. Selamat menyeduh kopi dengan Bialetti. 😉

bialettimajalah

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

26 Comments
      1. Mbak mau menanyakan, apakah Bialetty Dama cap. 12 cup ada stocknya ? Kalau ada berapa harganya ? Terima kasih dan ditunggu infonya .

  1. Hello mba yulin, pengen nyoba moka pot deh, tapi kenapa yang 3 cup isinya cuman 200 ml ya? sedikit banget dong satu cangkirnya cuma 60-an ml.

    1. Hi Mas. Ukuran Bialetti itu umumnya didesain sesuai dengan ukuran cangkir kopi/espresso orang Italia. Satu cup itu biasanya sekitar 50-60 ml emang. Jadi mungkin itu bisa menjelaskan mengapa ukuran 3 cups Bialetti tergolong “sedikit” untuk kategori orang Indonesia. Terima kasih komennya. 🙂

  2. Apa beda Bialetti Brikka dengan Bialetti Musa?
    Apakah kemampuan dan fiturnya sama cuma beda bahan?
    Pengen punya yang kemampuannya kaya Brikka (hasil akhirnya “kopi dengan citarasa lebih intense, lebih kuat, dan cenderung lebih kental” (seperti yang tertulis) yang tapi bahannya stainless.

  3. Saya mau tanya, bagaimana cara mengganti handle pd moka express 3 cup, bisa dikirimkan video cara penggantiannya. Terima kasih

  4. Mau tanya admin, valve saya ada kebocoran di bagian valve, uap nya keluar dari valve itu. sehingga kopi tidak mau naik keatas. Bagaimana solusinya ya? Mohon segera dibales ya.

    1. Hi, Mas. Setau saya sih, kalo valve-nya udah bocor, kopi emang gak mau naik ke chamber atas. Karena itu berfungsi semacam safety valve juga. Mungkin bisa dikencengin pakai ‘kunci pas’ dan pastikan semua parts Bialetti-nya terpasang dengan kencang. Kalo gak bisa juga, hm, mungkin chamber bawahnya diganti? 🙂

    1. Setiap bialetti yang chamber bawahnya dari aluminium, termasuk Brikka dan Kremina, gak bisa dipakai di kompor induksi, Mas. Untuk kompor induksi disarankan pakai Bialetti yang chamber bawahnya dari stainless steel, seperti Moka Induction. 🙂

  5. Saya baru beli Bialetti Moka Express 3 cups, pada waktu membuat kopi, beberapa saat setelah keluar kopi dari bagian atas bersamaan dengan itu keluar juga uap dari safety valve. Pertanyaannya ini gejala normal atau safety valvenya sudah nggak berfungsi secara maksimal? Mohon penjelasannya, terima kasih.

    1. Hai, Mas. Setau saya, safety valve berfungsi untuk melepaskan panas berlebih dari mokapot. Kalau safety valve-nya beruap, kemungkinannya: kalau tidak karena karena mokapot yang terus menerus berada diatas kompor, bisa juga karena valve-nya memang sudah kendor. Semoga membantu, ya. Terima kasih. 🙂

  6. mau tanya apakah moka bisa buat tea?
    karena saya pernah di kasih minum tea memakai moka,
    hasil tea nya sangat enak.
    cuma kurang di perhatikan model apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.