LEPAS SORE DI KOPI LAWE SOLO

Benar kata orang kalau Solo itu beneran selow. Dan untuk merayakan santainya di Solo, kami menghabiskan sore di Kopi Lawe.

KEDAI kopi ini sebenarnya tidak ada dalam daftar saya. Kami menemukannya berkat ketidaksengajaan saja. Menjelang sore kami mengitari Kota Solo. Makan di kaki lima, main di pasar tradisional, singgah ke keraton dan tak lupa mampir ke area sentra batik. Setelah semua selesai dan tak tahu kemana, akhirnya dalam aktivitas mutar-mutar tadi kami menemukan sebuah kedai kopi minimalis dominan putih tepat di sudut jalan.

Kopi Lawe Solo berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Dari luar tampak begitu nyaman dengan area luar yang cukup luas dan nyaman. Bagian dalam kedai dikelilingi jendela kaca. Jadi dari luar kegiatan di dalam kedai kelihatan keseruannya. Saat kami mampir beberapa meja terisi penuh. Kami memilih duduk di sofa yang mengadap ke coffee bar. 

Oh iya, ternyata Kopi Lawe bersebelahan dengan kafe yang menyajikan burger. Ada pintu yang tembus ke sana. Tapi Kopi Lawe dan tempat burger itu benar-benar berbeda vibes-nya. Satu terang-benderang satu lagi gelap temaram.

Saya memesan coffee filter dengan single origin kalau tidak salah dari Sulawesi Selatan. Rasa kopinya cukup segar dengan notes buah yang tinggi. Pas betul dinikmati sore-sore bersantai. Dua teman yang lain memesan es kopi susu signature dari Kopi Lawe dan secangkir Hot Cappuccino. Menurut mereka kedua kopi itu asyik dan tak sampai berapa menit sudah kandas ditegukan!

Serunya lagi di sini ada camilan Tempe Mendoan yang menjadi favoritku sepanjang masa. Cuma di Solo sejauh ini saya sering menemukan tempe mendoan menjadi menu pendamping kopi di coffee shop. Tentu saja tempe ini kandas dalam sekejap karena sangat garing, gurih dan cocolannya pun sedap.

Meskipun saya temukan dalam ketidaksengajaan, Kopi Lawe ini begitu menyenangkan dalam kesederhaannya. Aneka menu pun lengkap mulai dari manual brew, espresso base, siganture drink hingga minuman non-coffee. Meskipun terlihat modern desain kedainya, namun di beberapa sudut Kopi Lawe tetap membiarkan ciri Solo-nya terasa. Ada pajangan batik yang menyimbolkan sisi lain kota ini.

Untuk saya Kopi Lawe layak dikunjungi berkali-kali karena memiliki sisi kenyamanan dari berbagai sisi.

Kopi Lawe

AlamatJl. Perintis Kemerdekaan, Purwosari, Kec.

Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147

Jam Operasional: 10.00 – 00.00 WIB

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.