LILIN AROMA TERAPI DARI KOPI, BAGAIMANA MEMBUATNYA

Kabar gembira untuk kamu para pecinta kopi, kini biji kopi bisa dijadikan aroma terapi yang dapat segarkan ruangan kamu di tiap pagi. Tidak perlu membeli produk aroma terapi dengan ekstrak biji kopi, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti panduan singkat ini.

TIDAK heran sekarang ini kopi seperti menjadi gaya hidup yang tidak akan pernah lepas dalam keseharian para pecintanya. Mungkin awal mulanya, beberapa orang akan terheran mendengar masker dari ampas bubuk kopi, atau pupuk tanaman dari ampas bubuk kopi. Semakin banyaknya penikmat kopi di hampir tiap kota di Indonesia, semua hal yang demikian menjadi lumrah. Bukan hanya itu saja, wawasan orang tentang kopi pun semakin meluas, bukan hanya tentang manfaat kopi saja, tapi wawasan tentang dari tanaman hingga biji kopi menjadi sajian secangkir kopi. Maka tidaklah menjadi suatu hal yang baru, jika banyak penemuan-penemuan yang berkaitan tentang dunia kopi.

Mungkin aroma terapi dari biji kopi bukan hal baru lagi, tapi sangat ramai penikmat kopi yang antusias bagaimana untuk membuatnya di rumah, untuk dijadikan penyegar ruangan dengan aroma kopi. Dengan aroma kopi yang penuhi seluruh ruangan, dan kemudian menyeduh kopi menggunakan Moka Pot Brikka dari Bialetti akan semakin menarik, membayangkannya saja sudah menjadi hal yang istimewa. Nah, lalu bagaimana cara membuat aroma terapi dari biji kopi untuk ruangan rumah.

Ada dua cara membuat aroma terapi kopi dengan lilin, yang pertama menggiling biji kopi terlebih dahulu dan membuatnya menyatu pada lilinnya, yang kedua tidak perlu mencampurnya cukup menyebarkannya di sekeliling lilin agar panas lilin membuat biji kopi mengeluarkan aroma.

credit: image google

Bubuk Kopi Dan Lilin

  • Persiapkan biji kopi yang sudah digiling (bisa juga tanpa digiling) dan kemudian persiapkan juga lilin yang akan dicairkan untuk mencampurkannya nanti.
  • Cara mencairkan lilin, potonglah kecil lilin dan kemudian masukkan ke wadah gelas, agar ketika dipanaskan dengan air mendidih di panci, gelas dapat menyalurkan panasnya. (Cara mencairkan lilin dengan memanaskannya relatif, bagaimana senyaman kamu untuk mencairkannya)
  • Siapkan wadah gelas, atau cangkir untuk tempat wadah mencampurkan bubuk kopi dan lilin cair tadi. Beberapa ada yang memasukkan ekstrak hazelnut, atau ekstrak rasa lainnya untuk semakin mengoptimalkan aroma kopi.
  • Tunggu beberapa menit agar lilin cair tadi padat, dan kemudian jadilah lilin aroma terapi kopi.
credit: getinspiredeveryday.com

Biji Kopi Dan Lilin

  • Cara kedua terbilang sederhana, tidak perlu mencairkan lilin, hanya meletakkan lilin di sekitaran kopi. Persiapkan wadah piring atau cangkir yang punya nilai dekoratif tentunya.
  • Sediakan lilin dengan ukuran yang sesuai keinginan, opsional menambahkan ekstrak rasa lain untuk semakin menambah aroma kopi, mengaduknya dalam wadah lai.
  • Letakkan lilin pada piring atau cangkir yang disediakan sebelumnya, dan kemudian masukkan biji kopi yang tadi sudah bercampur dengan ekstrak rasa atau tidak sama sekali sesuai keinginan.
  • Dan lilin aroma terapi kopi sederhana siap untuk menambah kesan ruangan kamu.

Pastinya akan sangat istimewa ketika menyeduh kopi dengan aroma terapi kopi di ruangan rumah. Berikut hanya sekadar referensi, cara buatnya bisa kamu ubah sesuai keinginan, mulailah bereksperimen dengan cara kamu sendiri.

src: getinspiredeveryday.com firstforwomen.com img: archive.jsonline.com

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.