LIVE REPORT: KESERUAN SINGAPORE COFFEE FESTIVAL 2016

Para penikmat, pelaku dan mereka yang bergairah dalam kopi berkumpul dalam satu ajang paling dinanti: Singapore Coffee Festival 2016.

singapore-coffee-festival-2016
Keriuhan booth yang sibuk dengan ramainya penikmat kopi. 

SINGAPORE Coffee Festival 2016 adalah event pertama kopi di Singapura yang benar-benar memfokuskan acaranya kepada kopi. Itu yang membuat kami dari Otten Coffee merasa terpanggil untuk menyaksikan event keren ini secara langsung. F1 Pit Building menjadi saksi betapa banyaknya para pelaku di industri kopi tak hanya di Singapura, tapi di seluruh dunia tumpah ruah di dalam satu ruangan dengan antusiasme dan semangat yang berpegang pada satu kata: kopi.

singapore-coffee-festival-2016
Salah satu penampakan coffee bike di SCF 2016.
singapore-coffee-festival-2016
Kopi Indonesia juga tak mau kalah meramaikan SCF 2016.
singapore-coffee-festival-2016
Asiknya nongkrong di SCF 2016.

Ini adalah hari ketiga Singapore Coffee Festival, kami sendiri telah hadir di sini sejak 9 Juni. Maklum, rasanya sangat rugi jika melewatkan ajang kopi yang satu ini. Sejauh mata memandang venue dipadati oleh aneka vendor dan brand kopi yang tentunya sudah tak asing lagi. Nama-nama seperti Chye Seng Huat Hardware, Common Man Coffee Roasters, Smitten Coffee, Royz Et Vous, Knockhouse Supply Co, Dapper Coffee, Killiney Kopitiam, Oriole Coffee + Bar, Wheelys, Keep Cup, dan sederet nama-nama besar lainnya hadir meramaikan dan tentunya bertukar pengalaman.

singapore-coffee-festival-2016
Antusiasme yang besar membuat SCF akan diadakan lagi tahun depan.
singapore-coffee-festival-2016
This lady is brewing your happiness.
singapore-coffee-festival-2016
Salah satu talkshow yang menjadi bagian acara dari SCF 2016.
Slack for iOS Upload-6
Aeropress Champion sedang menyeduh kopi untuk para penikmatnya.

Tak hanya nama-nama besar yang saya sebutkan tadi, kopi dari negeri sendiri juga hadir dan menjadi salah satu kopi yang dinikmati. Indonesia bagaimanapun mampu berdiri gagah dan membanggakan di industri kopi. Selain itu, saya juga sempat mampir ke booth kopi yang digawangi Aeropress Champion 2015 dan 2016. Di sini saya sempat mencicipi secangkir kopi Tchembe Ethiopia Ninety Plus Coffee seharga 10 dolar yang diseduh langsung oleh sang juara. Di sini juga banyak sekali booth yang menjual cold brew and nitro coffee. Pas buat mereka yang suka dengan kopi seduh dingin. Singapore Coffee Festival juga tak melulu tentang kopi saja, karena di sini juga banyak sekali vendor makanan yang tak kalah asik untuk dicoba.

singapore-coffee-festival-2016
Ini piala asli Aeropress Championship lho!
singapore-coffee-festival-2016
Lorgan & Sons Cold Brew. Enak!

Untuk kamu yang gemar mencoba aneka kopi dari beragam negara dan juga beragam metode seduh, Singapore Coffee Festival adalah surganya. Di sekeliling venue coffee booth berjejer menggoda dengan keunggulannya masing-masing. Meski berbayar, rasanya tak mengapalah sesekali mencoba karena acara seperti ini tak selalu sering diadakan. Selain soal cicip mencicip kopi, banyak sekali alat-alat kopi keren yang dipamerkan seperti Mazzer Automatic Grinder yang khusus untuk manual brew, Slayer Espresso Machine, bahkan piala dari kejuaraan Aeropress Championship juga ada lho. Hi-hi-hi.

singapore-coffee-festival-2016
Slayer memang paling istimewa.
singapore-coffee-festival-2016
Penampakan Grinder Mazzer terbaru.

Aneka workshop juga menjadi salah satu rangkaian di Singapore Coffee Festival. Meski kami tak mengikuti satupun dari workshop-nya, kami cukup puas dengan hadir di sini dan bertemu banyak sekali orang-orang yang mendedikasikan dirinya terhadap industri kopi dunia. Seperti tak cukup hanya dengan pameran, workshop dan perjalan dari cangkir ke cangkir saja, Singapore Coffee Festival juga diramaikan dengan sederet musisi yaitu Riot !n Magenta, Joshua Simon, Fauxe, and Mitch Advent yang siap memecah venue dalam Singapore Coffee Festival Sounds. Akhir kata kami cukup puas dengan Singapore Coffee Festival 2016 dan semoga di tahun depan event ini bisa menjadi alasan kenapa kami harus mampir lagi. Salam kopi!

singapore-coffee-festival-2016
Otten Coffee pastinya juga hadir lho di sini.
singapore-coffee-festival-2016
Area food court yang cozy banger, guys.

single-origin kopi

375 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Itu mah bukan keseruan lagi, melainkan udah klimaks kalau bagi saya hadir disitu, dan juga coffee bike nya aduh.
    Thankyou Otten mau berbagi keseruannya, sayang saya gak bisa kesana karena ga tau hahahah.

    1. Hai Mas Dani. Di Singapura banyak sekali kedai kopi yang menyediakan manual brew. Beberapa rekomendasi kami adalah Common Man Coffee Roasters, Nylon Coffee Roasters, Papa Palheta dan masih banyak lainnya. Semoga membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.