LIVE REPORT: MENYIMAK KESERUAN SCAJ 2016

Ketika event specialty coffee terbesar di Asia diadakan di salah satu kota metropolis paling keren di dunia.

CUACA Tokyo cukup cerah ketika kami mendaratkan kaki di bandara Narita pagi ini. Meski saat ini Jepang sedang berada di masa peralihan menuju musim gugur, tapi cuacanya yang hangat seolah ikut menghangatkan suasana hati kami yang sempat gusar karena semalaman tak bisa tidur di pesawat. Saya sangat suka kembali ke kota ini, atmosfer kota Tokyo yang benar-benar menyenangkan membuat semangat kami ikut terpompa untuk langsung pergi ke Tokyo Big Sight—tempat acara Specialty Coffee Association of Japan 2016 ini berlangsung—tanpa singgah dulu di hotel entah sekadar meletakkan barang. Semangat kami rasanya telah hampir sama kerasnya dengan suara lantang para Samurai Jepang ketika mengucapkan hai. Lol.

tokyo-big-sight
Tokyo Big Sight, tempat SCAJ 2016 diadakan.
papan-board-scaj2016
Selamat datang di SCAJ 2016

Tokyo Big Sight, yang merupakan convention center terbesar di Jepang, adalah tempat penyelenggaraan SCAJ 2016 selama 3 hari berturut-turut, mulai hari ini sampai tanggal 30 September nanti. Dari kejauhan, menara bangunan yang konon terbuat dari kaca dan titanium itu segera kelihatan begitu kami memasuki area. Ah, lagipula siapa yang tidak akan langsung ngeh melihat arsitektural ikonik begitu? Pelataran area ini cukup lengang—meski tidak bisa dibilang sepi. Dugaan saya, barangkali keramaian sebenarnya justru telah menunggu di dalam. Yang ternyata benar.

West Hall 4 yang menjadi arena SCAJ sesungguhnya sudah disesaki kerumunan manusia-manusia penggemar kopi segala rupa. Bukan hanya orang Jepang saja yang terlihat memenuhi hall super luas itu, tapi juga cukup banyak wajah-wajah bule yang cukup antusias. (Kami bahkan bertemu dengan pelaku industri kopi yang sama-sama berasal dari Medan).

dscf4849

Perwakilan kopi dari Amerika Latin pun turut serta.
Perwakilan kopi dari Amerika Latin pun turut serta.
Single origin yang ikut dipamerkan.
Single origin yang ikut dipamerkan.
Booth Hario yang keren.
Booth Hario yang keren.

Tahun ini panitia penyelenggara SCAJ 2016 mengusung tema “Diversity and Innovation”. Keberagaman kopi dan inovasinya. Hmm, meski isu ini tidak terdengar terlalu ‘baru’ tapi apapun yang dipamerkan di sini semuanya serba modern dan kontemporer. Setidaknya itu tampak dari lebih dari 190 booth para exhibitors yang memamerkan bukan hanya produk inovasi terbaru tapi juga specialty green bean coffee yang selama ini namanya mungkin hanya ditemukan di internet. Haha…

dscf4854

dscf4860
Coffee bike.
booth-indonesia
Booth Indonesia.

Nah, seperti SCAA kemarin, menghadiri event kopi Internasional rasanya belum lengkap kalau kami belum mampir ke booth Indonesia. Ketika kami datang, booth Indonesia sudah cukup ramai. Beberapa perusahaan kopi asal Jawa Timur ternyata menjadi pengisi booth ini. Kopi Gunung Ijen—yang pernah saya cicipi dan segera membuat terpesona karena karakter rasanya yang ajaib—adalah salah satu komoditi yang ikut dipamerkan di sini. Ah, melihatnya jadi menerbitkan semacam harapan: semoga saja ini menjadi awal yang baik bagi kopi-kopi Indonesia untuk semakin mendapat panggung di pentas kopi dunia.

Dan.. seperti eksibisi yang berada di bawah bendera Specialty Coffee Association lazimnya, ajang pamer berbagai penemuan terbaru alat-alat kopi pun biasanya menjadi salah satu atraksi utama. Apalagi ini adalah Jepang. Tidak heran kalau bau-bau ‘teknologi mutakhir dan segala yang serba hi-tech‘ segera menguar menjadi kesan yang paling dominan pada SCAJ 2016 ini. Ada banyak sekali produk-produk keluaran terbaru oleh berbagai produsen alat kopi yang dipamerkan di sini.

Produk terbaru dari Hario.
Produk terbaru dari Hario.

dscf4861

Ada yang tahu ini mesin apa? :p
Ada yang tahu ini mesin apa? :p
Mesin kopi yang sangat wow dari Fuji Electric
Mesin kopi yang sangat wow dari Fuji Electric.

Salah satu booth yang paling menarik perhatian kami adalah Kalita, selebriti di booth ini adalah sebuah robot canggih yang bisa menyeduh kopi. Tapi robot ini tampaknya masih hanya akan dipakai untuk “konsumsi Kalita sendiri”. Yang pengin beli, mohon bersabar. Lol.

Di booth Ninety Plus Coffee, ada dua finalis kompetisi kopi Internasional yaitu Chad Wang dari Taiwan (World Brewers Cup) dan Yoshikazu Iwase dari Jepang (World Barista Championship) yang tampak sibuk menyeduh kopi dengan Chemex bagi para pengunjung yang berebutan pengin mencicipi tanpa malu-malu. Sebagian pengunjung booth itu adalah para wanita, mungkin mereka sekalian pengin melihat Chad yang tampan itu. Haha… Kami sendiri sempat mencicipi seduhan kopi Geisha buatan para Juara ini. Hasilnya memang luar biasa, nikmatnya tak terkatakan. Pantaslah mereka menjadi Juara di negaranya masing-masing.

Green bean yang dibawa berbagai traders.
Green bean yang dibawa berbagai traders.
3d-latte-art
Aksi 3D latte art

Pada SCAJ 2016 ini pula ada tiga kompetisi kopi se-Jepang yaitu Japan Barista Championship, Japan Brewers Cup dan Japan Cup Tasters Championship yang ikut diselenggarakan bersamaan. Meski di hari pertama ini kegiatannya masih tahap penyisihan, tapi itu sama sekali tidak mengurangi antusiasme para pengunjung yang pengin menyaksikan sendiri keseruannya. Kami bahkan sempat kesulitan merapat untuk melihat lebih dekat.

Kesimpulannya, hari pertama SCAJ 2016 ini hanyalah awal dari keseruan eksibisi bergengsi se-Asia ini. Masih banyak lagi kemeriahan yang tersimpan sampai di hari terakhir nanti. Yang masih penasaran, silakan terus ikuti live report kegiatan ini di Majalah Otten, ya.

Salam kopi! 🙂

cari-kopi

270 total views, 6 views today

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment
  1. Satu kata: TOP! Keren Otten selalu meliput event – event kopi bergengsi di dunia. Event kopi di Indonesia juga dong. 😉 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.