LIVE REPORT: OTTEN COFFEE GOES TO #SCAA2016

SCAA Expo adalah salah satu kegiatan penting dalam dunia kopi. Menghadirinya ibarat pembuktian bahwa pelakunya benar-benar serius menekuni dunia ini.

EKSIBISI tahunan yang rutin dilakukan oleh Specialty Coffee Association of America —biasa disingkat dengan SCAA— merupakan pameran berkonsep one stop shop yang mempertemukan seluruh pelaku industri kopi mulai dari coffee enthusiasts, food and beverage professionals sampai para roasters dan retailers. Pada event ini, banyak pelaku bisnis yang memamerkan produk-produk mereka yang (sebenarnya) masih dalam tahap pengembangan, atau sudah diproduksi tapi belum dijual di pasaran, dan termasuk juga penemuan-penemuan terbaru yang diprediksi bisa menjadi tren berikutnya dalam coffee movement. Kalau mau diistilahkan, SCAA Expo adalah fashion week-nya dunia kopi. Jadi tak heran kalau kami pun begitu antusias untuk segera mendatangi event ini. Sisa-sisa jetlag akibat perjalanan panjang dari Medan pun tak dirasa lagi, tergantikan oleh semangat yang menggebu-gebu. Lol.

Welcome to SCAA 2016!
Welcome to SCAA 2016!

Atlanta, Georgia merupakan tuan rumah perhelatan SCAA 2016 tahun ini dengan Georgia World Congress Center sebagai venue pagelarannya. FYI, Georgia World Congress Center adalah convention center ketiga terbesar di Amerika. Jadi bisa dibayangkan ‘kan betapa akbarnya event ini? :p

SCAA 2016 sendiri diadakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 14 sampai 17 April. Kerumunan pengunjung yang tampak bersemangat sudah terlihat sejak hari pertama, namun hari pembukaan SCAA itu masih ditujukan hanya untuk kegiatan pendaftaran dan opening ceremony saja. Pengunjung belum diperbolehkan masuk ke arena pameran karena para exhibitors masih memuat barang dan produk yang akan mereka pamerkan ke dalam venue.

SCAA-2016
Panorama venue setelah dibuka

Sambil menunggu, pengunjung bisa mendatangi booth SCAA yang menjual ragam merchandise di bagian depan. Atau main-main ke bagian coffee pop up. Lumayan buat ngambil kopi gratisan. Lol. Beberapa brand kafe seperti Batdorf & Bronson Coffee Roaster, Summit Coffee dan Espresso Parts ikut ambil bagian di zona ini. Hitung-hitung sekalian memperkenalkan kafenya ke pengunjung luar Amerika yang barangkali belum familiar dengan nama mereka. Seperti kami.

Yang menarik, rata-rata pop up café itu menyediakan kopi-kopi dengan teknik manual brew seperti Chemex, pour over, nitro coffee dan cold brew. Dan seperti yang sudah diprediksikan di awal tahun kemarin, cold brew pun sangat populer di sini. Hampir semua pop up café menyediakan minuman-minuman dingin di gerainya.

Zona coffee pop-up, bisa ngambil kopi gratis di sini. :p
Zona coffee pop-up, bisa ngambil kopi gratis di sini. :p

Untuk penganut “kopi-kopi tradisional”, nggak perlu khawatir. Beberapa gerai ada menyediakan menu-menu espresso based juga. Semuanya memakai mesin-mesin espresso yang cukup wow dan lumayan membuat mata kami bergairah. Kopi yang diberikan masih sama gratis. Kalau pengunjung suka sama kopinya, mereka bisa tinggal nanya dan langsung mendapatkan beans yang dipakai untuk menyeduh kopi tersebut—karena beans-nya juga ikut dibawa di sana. Nah, kalau pengin mendapatkan beans-nya, kali ini pengunjungnya harus bayar. Nggak gratis. :p

Slayer yang bikin ngiler. :D
Slayer yang bikin ngiler. 😀
Slim grinder edisi terbaru dari Hario dan new hario skerton coffee mill.
Slim grinder edisi terbaru dari Hario dan new hario skerton coffee mill.

Puas mengelilingi area ini, kami memutuskan kembali. Selain menuntaskan urusan jetlag yang belum selesai, kami juga ingin beristirahat sebelum menghadiri jadwal yang lebih penuh di SCAA 2016 keesokan harinya.

Well, kalau kalian penasaran dengan keseruan event SCAA 2016 di hari berikutnya, simak terus update-nya di majalah Otten, ya. Selamat ngopi!


*Foto tambahan dari laman resmi SCAA.

 chemex

33 total views, 8 views today

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.