International News

LIVE REVIEW: MICE 2017 DI MELBOURNE

MICE


Eksibisi kopi spesialti terbesar di Asia Pasifik tahun ini memasuki perayaan keenamnya—dan semakin bersemangat.

PADA saat event ini diadakan, sebetulnya di Shanghai juga sedang berlangsung All Stars Sensory 2017 yang merupakan kegiatan dari World Coffee Events. Dengan kata lain, ada dua acara besar yang diselenggarakan di Asia Pasifik saat ini—tidak termasuk konser Coldplay di Singapura. Lol. Namun menurut saya perhatian para pemerhati kopi, terutama spesialti, terlihat lebih banyak tersedot pada MICE atau Melbourne International Coffee Expo 2017. Setidaknya ada beberapa pelaku industri kopi yang saya tahu lebih memilih mendatangi expo ini.

Barangkali bisa dimaklumi jika para pelaku industri kopi (apalagi judulnya pengusaha kopi) lebih memilih MICE. Di sini mereka bukan hanya akan diservis dengan penampilan para barista yang memaparkan presentasi, tapi juga demonstrasi dari berbagai penemuan terbaru yang mampu mengenyangkan gairah mereka yang mencari inspirasi.

Stan dari Slayer.

Stan dari Slayer.

IMG_5804

Giesen coffee-roaster.

barista-competition

Kompetisi barista Australia. Salah satu finalisnya ada yang berasal dari ONA Coffee.

Melalui informasi resmi MICE, ada lebih dari 10 ribu pemilik café, roasters, barista, pengusaha alat-alat kopi, penyedia layanan jasa dan kalangan lainnya yang memastikan hadir. Konon di tahun keenam ini, jumlah itu kian berlipat-lipat. Kesan itu tampak dari pengunjung yang cukup ramai di hari pertama kemarin. MICE 2017 yang diselenggarakan di Melbourne Showgrounds, sebuah hall megah di pinggiran Ascot Vale Victoria, tampak sedikit riuh terutama di stan-stan yang menampilkan para bintang.

Di sebuah stan privat, kami bertemu dengan Sasa Sestic—yang kemarin sempat diwawancarai di sini—sedang menguraikan penjelasan singkat tentang kopi seolah-olah ia masih berlaga di World Barista Championship. Lalu kepada kami ia meracik khusus kopi Geisha dengan La Marzocco GS3 yang tentu saja rasanya luar biasa. Kopi jempolan diseduh oleh barista jagoan, kurang istimewa apalagi coba?

Pertemuan itu semakin berkesan karena Sasa yang ramah memberikan kami, tim Otten Coffee, oleh-oleh spesial berupa dua house blend dari ONA Coffee, yaitu The Founder dan Raspberry Candy. Jika kalian menyimak wawancara dengan Sasa sebelumnya, Raspberrry Candy yang memiliki aroma intens, notes berry yang manis dan tekstur kaya yang creamy merupakan kopi andalan yang ia bawa pada WBC 2015 silam sekaligus lucky charm yang telah memberinya kemenangan. Sejujurnya saya merasa benar-benar beruntung bisa mendapatkan kopi Juara langsung dari Sang Juara.

Sasa Sestic membuat kopi sambil presentasi.

Sasa Sestic, yang katanya kangen dengan WBC, membuat kopi sambil presentasi.

IMG_5803

Toby’s Estate.

IMG_5736

Sementara itu beberapa eksponen utama di MICE 2017 antara lain Acme & Co., Bodum, Cafflano (yang kami sering bertemu di event kopi manapun), Café de Colombia coffee, Cup&Co., DeLonghi, illy, Melitta, Nuova Simonelli (yang selalu muncul di setiap expo), ONA Coffee (tentu saja), Sensory Lab, Victorio Arduino. Tak ketinggalan stan dari Indonesia yang dibuka oleh pihak Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, diwakili oleh Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sidney-Australia.

Stan dari Indonesia juga ikut ambil bagian.

Stan dari Indonesia juga ikut ambil bagian.

IMG_5714

Stan para eksponen.

Buhler.

Buhler.

IMG_5719

Mesin kopi yang bikin ngiler. Ada yang tau ini merek apa? :p

IMG_5802

Kees van der Westen, yang juga bikin nafsu. Lol.

Ada yang menarik pada MICE tahun ini. Selain menghadirkan jajaran eksibisi produk-produk kontemporer dan paling inovatif yang bisa dipilih oleh para pengunjung untuk memenangkan People’s Choice Award, terdapat juga sebuah fitur baru yaitu Brewing Lounge. Ini semacam section atau bagian khusus dimana para pengunjung bisa menikmati kopi-kopi nikmat buatan para kompetitor alat kopi di Australia, berikut menyaksikan cara seduhnya yang serba ajaib. Trinity ONE Specialty Coffee Brewer termasuk salah satu produk yang membuka lapaknya di sini.

IMG_5718

Salah satu stan di Brewing Lounge.

IMG_5715

IMG_5758

Milk lab.

Cafetto.

Cafetto.

IMG_5737

IMG_5797

Mesin Slayer Steam yang didedikasikan untuk kedai kopi bervolume tinggi.

MICE 2017 masih akan berlangsung hingga 1 April besok. Jadi sekiranya kalian sedang berada di sekitaran Melbourne, datang atau sekadar main ke expo ini wajib untuk para pencinta kopi, apalagi pelaku industri kopi. Karena seperti slogan yang mereka usung, “The Asia Pacific’s Largest Specialty Coffee Event where the industry comes to play.

Sampai bertemu di event kopi berikutnya! 😉

jual-alat-alat-kopi

 

5,733 total views, 20 views today

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    Aditya Rahman
    March 31, 2017 at 11:08 pm

    great job. menantikan lebih banyak liputan seperti ini lgi di otten coffee. 😉

  • Leave a Reply