LIX: ESPRESSO DALAM KAPSUL!

Tak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya bahwa akan ada espresso instan dalam bentuk cair yang bisa bertahan berhari-hari.

SAYA pikir segala yang instan pastilah kurang nikmatnya, kurang segarnya dan kurang kualitasnya. Segalanya ditepis saat suatu siang saya bertemu dengan seorang teman seperkopian Wilson Houryansa di sebuah kedai kopi baru di kota kami. Pertemuan ini terjadi karena saya penasaran dengan sebuah produk buatannya yang belum rilis. Produk ini akhirnya mempertemukan kami.

Adalah LIX si espresso cair dalam kapsul  yang divakum agar tak terkena udara luar. Wilson yang juga owner dari Coffee Loca mengatakan bahwa espresso tubes  buatannya ini diciptakan untuk memudahkan siapa saja yang ingin ngopi tapi tak punya mesin atau alat kopi. Espresso ini bisa bertahan 3-4 hari di temperatur ruang, 7-10 hari di lemari es dan 2-3 minggu di freezer. Jadi siapapun yang mau stok kopi berminggu-minggu cukup memiliki Lix ini saja dan campurkan dengan apapun. Bisa jadi kopi susu, Americano, espresso tonic atau diminum selayaknya espresso.

Lalu bagaimana rasanya? Benarkah kesegarannya bisa bertahan selama itu? Saya berkesempatan mencobanya sebelum produk ini benar-benar diluncurkan. Dalam satu kemasan Lix mengandung 40 ml espresso. Espresso-nya sendiri berasal dari campuran single origin Gayo Natural dan Lintong Dolok Sanggul Washed. Dua jenis single origin ini disangrai sesuai dengan standarnya dan diracik menjadi espresso. Tak hanya berhenti sampai di situ, espresso ini telah melalui ‘satu proses lainnya’ agar kesegaran dan rasanya tak berubah hingga berminggu-minggu.

Nah, saat sampai ke saya, Lix sudah dibuat berhari-hari sebelumnya. Maka saya pun ingin mencobanya dengan membuat Iced Americano dalam porsi kecil. Maka saya siapkan es dan air. Saya menggunakan setengah dari Lix ini atau kurang lebih 20 ml saja. Yang saya rasakan adalah Lix ini cukup seimbang. Meski rasanya cenderung lebih mirip Japanese Iced Coffee ketimbang Iced Americano dengan body yang tipis. Sungguh kejutan untuk saya meski saya tak berekspektasi rasanya akan seperti ini. Tapi saya senang sekali karena saya penyuka kopi dengan body yang tipis.

Saya tidak bisa berkomentar jika ini dijadikan formula untuk membuat kopi susu karena saya belum mencobanya. Namun untuk saya kehadiran LIX si espresso dalam kapsul adalah sebuah inovasi yang memudahkan siapapun yang tidak memiliki alat kopi. Juga memudahkan kita menikmati kopi di mana saja saat berpergian jauh. Di masa depan Wilson ingin Lix menjadi produk yang bisa dinikmati siapa saja, bisa dijadikan hadiah dan bisa menjadi teman ngopi paling pasti!

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.