Asia Cafe & Travel International Vietnam

LONG CAFE: MENIKMATI KOPI TANPA KETERGESAAN

7


Viet Nam adalah sebuah negerti yang membiarkan para peminum kopi menikmati secangkir ‘surga’ dalam ritme yang lambat. Segalanya lahir dengan cara tak terburu-buru dan esensi minum kopi buat mereka adalah upacara teguk yang santai.

long-coffee-vietnam

KALI kedua ke negeri Paman Ho memberikan pengalaman lain seputar minum kopi. Kali ini saya memilih melipir ke Kota Da Nang di Viet Nam Tengah. Sebuah kota cantik yang dikelilingi pantai dan gunung, budaya dan modernitas serta sedang berkembang menjadi primadona bagi para pendatang. Da Nang untuk saya adalah Bali-nya Viet Nam dalam versi lebih asik dan tentunya lebih murah untuk pejalan seperti saya. Menyambangi Da Nang tentu tak lengkap tanpa menjelajah kedai kopi yang kemana pun saya melangkah pasti kedai kopi dengan sangat mudah ditemui.

long-coffee-vietnam

Salah satu kedai kopi yang sudah lama ingin saya datangi adalah Long Cafe atau dalam Bahasa Viet Nam adalah Long Caphè. Long Cafe adalah kedai kopi tradisonal yang juga merupakan tempat minum kopi tertua di Da Nang. Ke Viet Nam tak lengkap memang tanpa menyambangi kedai kopi otentik asli negeri ini. Bukan berarti di sini tidak ada coffee shop modern ala third wave coffee, tapi saya ingin membaur menjadi orang lokal dengan minum kopi ala masyarakatnya.

long-coffee-vietnam

Jadi di suatu siang yang baik saya akhirnya bisa mampir juga ke Long Coffee. Di sini tidak ada dekorasi industrial, unfinished khas kedai kopi kekinian. Yang ada hanya bangku-bangku kecil kayu yang berjejer rapi. Ajaibnya tempat yang berada di ujung jalan dan luas ini penuh disambangi para penikmat kopi. Ada yang datang sendirian, ada yang berduaan dan banyak yang beramai-ramai. Di semua meja memesan kopi tentu dengan vietnam drip dan ditemani secangkir teh tawar. Seperti diketahui orang Viet Nam minum kopi selalu ditemani teh tawar karena mereka percaya kadang kopi memberi dahaga dan teh meredakan haus yang ada.

long-coffee-vietnam

Saya dan tiga orang teman memilih duduk di pojokan. Sebenarnya bukan memilih tapi memang tak ada pilihan karena kedai kopi sedang rame-ramenya. Saya memesan beberapa jenis minuman mulai dari cà phê sữa đá (es susu dingin) sampai cà phê nâu đá (iced brown coffee). Yang membuat makin asik adalah ngopi ala orang Viet Nam ini memang disiapkan untuk dinikmati berlama-lama. Vietnam Drip atau disebut cà phê phin adalah ‘mesin waktu’ tempatmu bersabar menunggu kenikmatan datang. Orang Viet Nam percaya kalau ngopi itu harus dilakukan sambil ngobrol. Jadi tak terasa menunggu tiap tetes kopi mengalir sempurna.

long-coffee-vietnam

Di Long Cafe sendiri semua orang sudah pasti ngopi karena tidak ada menu lainnya. Bahkan di meja-meja di sebelah saya tidak ada menu lain selain  kopi dan teh. Pun tak ada makanan yang dihidang di sana. Jadi sepertinya memang benar, di sini kedai kopi yang memang untuk ngopi dan bersosialisasi. Kalau mau lebih dari itu ranahnya bukan lagi kedai kopi. Meskipun tempatnya tidak mewah, tapi banyak pengunjung yang datang ke sini dengan berpakaian rapi. Sepertinya duduk-duduk di bangku kecil yang menurut saya memegalkan kaki dan paha ini tidak menghalangi orang-orang berdandan rapi untuk ngopi. Beda seperti ngopi kekinian di negara kita ya.

long-coffee-vietnam

Makin sore Long Cafe makin dipadati pengunjung. Setelah tanya-tanya dengan seorang teman yang asli warga negara Viet Nam, Long Coffee ini ada beberapa cabang. Tapi yang paling rame dan lama itu adalah cabang yang saya datangi ini. Sedap benar melihat cangkir-cangkir kopi tandas dan diisi kembali setelahnya. Seperti melihat kebahagiaan yang surut lalu seketika diisi lagi dengan sepenuh hati. Di Viet Nam saya belajar bahwa menikmati kopi harusnya memang tak tergesa-gesa. Siapkan waktu yang santai dan sesap cangkirmu pelan-pelan. Dan di Long Cafe saya tahu benar bahwa kopi adalah perkara ritual yang pantang dilewatkan begitu saja.

long-coffee-vietnam

Long Cafe

261, Tieu La Street, Hoa Thuan Tay Ward,
Hai Chau District, Da Nang City, Viet Nam
PAKET CAFE

 

3,443 total views, 9 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply