LOWDOWN COFFEE EDINBURH SKOTLANDIA

Seringnya saya menemukan kedai-kedai kopi lucu berdasarkan faktor ketidaksengajaan yang ujung-ujungnya menuai kebahagiaan.

SALAH satu faktor kesangajaan menemukan kedai kopi itu terjadi saat saya jalan-jalan ke Edinburgh, Skotlandia. Seperti biasa pagi hari itu sudah pasti harus ada kopinya. Dan kebetulan sebelum bertualang ke di kota yang luar biasa cantiknya ini saya dan beberapa teman yang ikut ke Skotlandia memutuska untuk ngopi dan sarapan dulu. Tak mau jauh-jauh mencari kami putuskan saja untuk berjalan-jalan di sekitar George St.

Eh, belum jauh berjalan atau mungkin hanya sekitar 10 menit saja, salah seorang teman melihat orang-orang keluar-masuk sebuah gerbang yang ada tangga menuju ke dalam tanah. Kami pun memutuskan untuk mengintip apa sebenarnya yang ada di sana.  Mata saya menangkap sebuah plang yang tergantung di dinding Lowdown Coffee. Wah sebuah ketidaksengajaan yang manis sekali ya!

Lowdown Coffee ini ternyata berada di bawah tangga. Konsepnya asyik juga dengan desain clean dan minimalist yang menyenangkan mata. Meski kedai kopinya tak luas karena hanya berkapasitas 14 orang untuk indoor dan 6 orang untuk outdoor ini tapi tak membuat kedai ini sumpek. Penataan yang baik plus segala yang tampak minimalis membuat pengunjung seperti kami tetap merasa nyaman.

Karena di luar cuaca masih dingin, kami memutuskan untuk duduk di dalam. Di coffee bar-nya mesin espresso Slayer 2 Group dan automatic grinder Mahlkonig EK43 2 Hopper (satu hopper isi espresso blend dan satunya lagi dipakai untuk filter coffee) tampak bekerja keras. Maklum ini masih pagi dan orang-orang membutuhkan kafein agar harinya berjalan seksi.

Lumayan juga pelanggan Lowdown Coffee ini. Tapi kebanyakan pesan kopi take away karena mungkin buru-buru mau ke kantor. Setelah puas mengitari kedai kopi yang tak luas ini, saya memesan secangkir espresso dari single origin Guatemala yang dibandrol seharga £2.3 per dua cups. Espresso-nya lumayan juga. Jauh dari pahit dengan hints berries yang kentara.

Setelah espresso tuntas, saya mencicipi chicken sandwich dan beberapa pastry. Pagi-pagi memang bawaannya lapar. Jadi harus diganjal setidaknya hingga makan siang tiba. Tak cukup dengan espresso saya memesan filter coffee dari single origin Hartmann Maragogype, Colonna, Panama washed process. Ya, nama single origin-nya memang agak panjang dan rumit tapi untungnya sempat saya foto. Ha-ha-ha.

Filter coffee ini dibandrol seharga £.3.2 dengan after taste fruity kombinasi antara stroberi, anggur dan jeruk. Segar memang kopi yang satu ini! Karena merasa cocok dengan kopinya, kami pun memutuskan untuk membeli biji kopi Hunkute Organik, Sidama, Ethiopia untuk oleh-oleh.

Kalau dipikir-pikir Lowdown Coffee ini beneran unik sih ya. Bayangkan dia terletak di bangunan bawah tangga dengan bagian outodoor-nya serupa lorong. Di bagian dalam terasa hangat karena mungkin terkungkung oleh bangunan di atasnya. Saya bahagia sekali menemukan Lowdown Coffee ini di saat yang sungguh tepat. Seperti menemukan dambaan hati saat kita benar-benar sedang mencari.

Lowdown Coffee 

40 George St, Edinburgh EH2 2LE, Inggris Raya

Buka Senin – Jumat 08.00 – 18.00

Sabtu 09.00 – 18.00

Minggu 10.00 – 18.00

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.