MAKANAN YANG BIASANYA DINIKMATI SAMBIL NGOPI

Apalah artinya ngopi tanpa ditemani makanan ringan yang melengkapi tegukan.

NGOPI takkan lengkap rasanya tanpa ditemani makanan ringan atau camilan yang membuat ritual teguk demi teguk semakin nikmat. Di Indonesia sendiri ngopi sambil makan pisang goreng hangat di warung-warung adalah tradisi nikmat yang tak bisa ditolak serunya. Sedang di coffee shop sendiri biasanya ngopi seringnya sambil menikmati croissant atau roti-rotian yang memang tersedia di sana. Tapi tahukah kamu di beberapa negara peminumnya memiliki makanan yang berbeda-beda sebagai teman ngopi. Setiap negara berbeda tradisinya. Mau tahu makanan apa saja yang selalu dipasangkan dengan kopi berdasarkan tradisi beberapa negara ini? Berikut ulasannya.

Pastry dan Roti

Foto dari static.pexels.com
Foto dari static.pexels.com

Di Eropa sendiri ternyata pastry dan roti-rotian adalah pilihan pas sebagai teman ngopi. Orang-orang Perancis biasa menikmati café-u-lait mereka dengan mencelupkan croissant ke dalam cangkir. Biasanya ini dilakukan pada sarapan dengan porsi cangkir kopi yang besar. Di Italia sendiri peminum kopinya memilih buttery pastry. Secangkir besar cappuccino dinikmati bersama pastry sebagai sarapan. Pun terkadang mereka menikmati secangkir espresso dengan dark chocolate atau gula. Jika di Percancis dan Italia lebih memilih pastry sebagai teman ngopi, maka di Belanda masyarakatnya lebih memilih stoopwafel. Sejenis wafel manis yang seringnya dinikmati dengan secangkir kopi hangat. Kebanyakan negara di Eropa memilih pastry atau camilan manis sebagai teman ngopi mereka. Seringnya dilakukan pada sarapan karena bisa menjadi tambahan energi untuk menghadapi hari yang panjang.

Kacang-Kacangan dan Makanan Asin

Foto dari pexels.com
Foto dari pexels.com

Berbeda dengan tradis minum kopi di Eropa, di Ethiopia sendiri masyarakatnya lebih prefer untuk menikmati kopi dengan camilan ringan yang asin. Biasanya masyarakat Ethiopia menyiapkan camilan seperti kacang-kacangan , popcorn dan roast barley. Biasanya sebelum ritual minum kopi dimulai, mereka menyiapkan kopi yang seringnya diseduh dengan filter lalu disajikanlah camilan-camilan asin tersebut. Mereka percaya bahwa cita rasa khas dari kopi akan menghasilkan kombinasi flavor yang baik jika dipadukan dengan makanan asin. Itu kenapa masyarakat di sini tidak menganjurkan makanan manis sebagai pelengkap ritual minum kopi yang telah ada turun temurun.

Rempah dan Buah-Buahan Kering

Foto dari cdn.readtapestry.com
Foto dari cdn.readtapestry.com

Kopi masuk pada abad ke – 16 di Timur Tengah. Pada masa itu kopi dianggap sebagai minuman para cendikiawan dan kaum intelektual. Di Timur Tengah sendiri kopi biasanya disajikan dengan sangat pahit dan kental. Itulah sebabnya manisan dan buah-buahan kering sering menjadi pasangan ngopi yang pas karena menyamarkan rasa pahitnya kopi. Manisan dan buah kering ini seringnya disajikan di saucer cup sama seperti kukis di sisi cangkir. Jika peminumnya tak terlalu menyukai rasa manis, biasanya rempah seperti kayu manis dan cardamom bisa dijadikan pilihan untuk meramaikan rasa pahitnya kopi.

Secara global orang-orang sering menikmati kopi dengan beberapa pilihan. Ada yang memilih pastry, kukis, roti bahkan cokelat sebagai teman ngopi. Secara keseluruhan peminum kopi di dunia memilih camilan manis dan asin sebagai pasangan paling klop untuk ngopi. Saya sendiri gemar ngopi ditemani croissant hangat untuk sarapan. Kalau kalian suka ngopi sambil ngemil apa? Isi di kolom komentar ya.

 

Disunting dari perfectdailygrind.com

Foto dari hdnicewallpapers.com

 

barista-tools

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.