MAKSIMALKAN FUNGSI VIETNAM DRIP-MU

Vietnam Drip adalah salah satu alat seduh manual yang paling mudah, paling murah dan mungkin paling banyak dimiliki penikmat kopi. Tapi tak banyak yang tahu bahwa alat seduh manual nan sederhana ini bisa dimaksimalkan fungsinya!

AWALNYA saya pikir Vietnam Drip hanya mampu menghasilkan Vietnam Coffee yang diseduh dengan rasio sederhana dan dicampur dengan susu kental manis saja. Belakangan saya tahu dari teman-teman seperkopian bahwa Vietnam Drip bisa menghasilkan ragam kopi yang begitu nikmat jika kita mampu memaksimalkan fungsinya.

Banyak orang yang menganggap alat seduh ini sebelah mata karena “ah, cuma kopi tetes saja”. Padahal alat ini mampu menghasilkan nikmat yang lain jika kita tahu caranya. Lalu bagaimana memaksimalkan fungsi alat ini agar hasil seduhnya jauh lebih nikmat?

Jaga Kebersihannya

Seperti banyaknya alar seduh lainnya, Vietnam Drip juga harus dijaga kebersihannya. Banyak orang yang kurang peduli dengan kebersihan ini sehingga saat dipakai kembali hasil kopi kurang maksimal karena TERNYATA di Vietnam Drip tersebut terdapat residu hasil seduh sebelumnya. Bilas bersih setelah pakai. Pastikan kering sebelum disimpan. Dan coba kembali dipakai seduh dengan beberapa resep dan rasio yang ada di beragam situs. Dijamin hasil seduh kali ini akan berbeda!

Bilas Air Panas Sebelum Dipakai

Kita sering membilas alat seduh kita seperti French Press, Aeropress bahkan server kopi. Lalu kenapa kita tak melakukan hal yang sama pada Vietnam Drip? Membilas alat ini sebelum dipakai seduh akan membuat suhu air bertahan lebih lama sehingga proses ekstraksi terjaga nyaris sempurna. Jangan lupa memerhatikan level gilingan dan kualitas air juga!

Bereksperimen dengan Bahan Lain

Vietnam Drip tak hanya ditakdirkan untuk kopi dan susu kental manis saja, kok. Kamu bisa bereksperimen dengan mencampurkannya dengan bahan lain. Salah satu yang paling sedap yang pernah saya coba sendiri adalah menggunakan madu. Madu memberi rasa manis yang asyik. Dan sudah pasti lebih sehat.

Selain itu, teman saya pernah mencampurkan rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis saat menyeduh dengan Vietnam Drip. Rasanya tak kalah segar dan menyenangkan. Intinya bereksperimenlah agar hasil seduhmu dengan alat seduh yang dianggap ‘begitu-begitu’ saja ini lebih maksimal!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.