Cafe & Travel Indonesia Padang Sumatera

MAMA OKY RESTORAN: KARENA PEMPEK PAS BUAT NGOPI

mama-oky-resto


Selama ini saya tak pernah tahu bahwa pempek ternyata adalah teman paling pas buat ngopi. Fakta ini justru saya temukan di Padang, Sumatera Barat.

HARI terakhir di Padang memberi sedikit perasaan sedih karena saya harus mengakhiri petualangan seru coffee shop hopping keliling kota. Kota ini memiliki tempat spesial di hati saya. Selain memang berdarah Minang, saya juga mencintai segala budaya dan (tentus saja) makanan serta kopinya. Sebelum bertolak ke bandara. Dua teman saya yang memang berdomisili di Padang, mengatakan bahwa saya harus datang ke sebuah restoran yang juga kedai kopi di sini. “Kamu harus mencoba ngopi dan makan pempek di sini,” kata mereka. What? Pempek dan kopi? Kok rasanya kurang nyambung.

Menikmati seduh dari sang barista.

Menikmati seduh dari sang barista.

Meskipun terdengar kurang biasa di telinga. Saya tetap penasaran juga ingin mampir di Mama Oky Seafood, Pempek, Coffee yang berada di Jalan Bandar Damar No. 19 ini. Biasanya ngopi ditemani pisang goreng atau kukis, eh ini malah ditemani pempek. Apa rasanya? Saat kami sampai ke Mama Oky, restoran ini lumayan ramai didatangi pengunjungnya yang sedang makan siang. Ruangannya terbagi dua yaitu smoking and no smoking area. Karena Padang sedang gerah-gerahnya jadilah kami memilih ruangan ber-AC.

A cup of cappuccino with fancy art.

A cup of cappuccino with fancy art.

Kebetulan sang owner, Koko Oky sedang ada di sana. Jadilah kami mengobrol sambil saya sibuk membolak-balik buku menu. Ternyata nama Mama Oky sendiri diambil dari nama anaknya yaitu Oky. Pemilihan namanya sendiri dinilai karena resep masakannya kebanyakan adalah resep rahasia sang mama. Pantas dimenunya banyak aneka masakan chinese food, seafood, pempek dan tentunya kopi. Karena belum makan siang, saya memesan pempek dan single origin (yang saya lupa nama kopinya) yang diseduh dengan V60. Aih, sambil mengunyah pempek kapal selam, sesekali saya menyeruput kopi saya. Tak menyangka bahwa sedapnya kopi dan gurihnya cuka dan teksur pempek memberikan sensasi tersendiri. Seumur-umur saya tak pernah menyeruput kopi sembari makan pempek. Cuma di Mama Oky Restoran kedua makanan dan minuman favorit saya melebur sempurna dalam tiap suap dan teguk. Ajaib!

Seduhan kedua, Solok Surian.

Seduhan kedua, Solok Surian.

Setelah ngobrol panjang lebar, ternyata dulunya Mama Oky Restoran adalah restoran seafood dan pempek. Dengan melebarnya industri kopi di Indonesia akhir-akhir ini, sang owner juga ingin menambahkan menu kopi di restoran mereka. Tak hanya sebagai pelengkap, kopi di sini benar-benar diperhatikan kualitasnya. Terbukti dari digaetnya Tanamera Coffee sebagai partner yang memasok biji-biji kopi nikmat ke Mama Oky Restoran.

Di sebelah mesin espresso bertengger vespa klasik nan asik.

Di sebelah mesin espresso bertengger vespa klasik nan asik.

Tak puas hanya mencicipi single origin, saya juga memesan secangkir cappuccino lengkap dengan art-nya yang fancy. Mesin espresso Rancillio pun dipercaya menjadi amunisi andalan untuk menyajikan minuman espresso base bagi para pelanggan. Kalau kamu penasaran dengan sensasi ngopi sembari menikmati pempek, sila langsung datang ke Mama Oky Restoran. Mereka juga menyediakan aneka alat seduh manual seperti Aeropress, Chemex, Syphon, Kalita,dan V60. Oh iya, tentunya dengan banyak pilihan biji kopi yang ajaib kenikmatannya.

Mama Oky Restoran

Jalan Bandar Damar No. 19, Padang,

Sumatera Barat, Indonesia

cari mesin espresso

12,205 total views, 1 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply