MAMPIR DI XO COFFEE KABANJAHE

Bagian terseru dari industri kopi yang tumbuh merata tak hanya di kota  besar, namun juga di kota-kota kecil. Dan di Kota Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sebuah kedai kopi hadir memuaskan para penikmat kopi.

SORE itu sehabis menikmati indahnya Desa Tongging sepaket dengan Danau Tobanya, kami bergegas buru-buru menuju Kabanjahe. Maklum ada sebuah kedai kopi yang sudah lama ingin saya kunjungi. Selama ini hanya melihatnya wara-wiri di media sosial saja. Namanya X.O. Coffee dan dari mengamatan saya kedai kopi ini cukup menjanjikan untuk dicoba.

Saat kami tiba X.O. Coffee lumayan berpenghuni. Bagian luar kedai kopi ini dipenuhi pengunjung yang asyik ngopi sambil ngobrol dengan asyiknya. Saya baru tahu bahwa X.O. Coffee terbagi dua bangunan. Bangunan utama tempat coffee bar dan beberapa kursi meja berada dan bangunan kedua yang tampaknya lebih kecil dan dijadikan tempat ngopi saja. Kami tentu memilih duduk di bangunan pertama karena ingin menyaksikan aktivitas seduh kopi yang dilakukan barista.

Di coffee bar ada sebuah mesin espresso satu grup dan alat-alat seduh manual lainnya. Di sini mereka menyajikan aneka single origin Tana Karo yang menjadi pilihan saya juga sore itu. Saya memesan single origin Karo Ajinembah dan teman-teman saya yang lain memesan menu espresso base mulai dari cappuccino yang dirikues teman saya “classic version”, hingga Es Kopi Susu Tetangga yang jadi minuman kopi susu khas kedai kopi ini.

Karena tak terlalu lapar namun ingin ngemil, kami memesan Banana Someting (saya lupa namanya) dan Churros yang renyah. Dua camilan ini memang pas menemani ritual ngopi sore sambil menikmati angin sejuk Kabanjahe yang jauh dari kata gerah. X.O. Coffee mengadaptasi tema minimalis dengan warna-warna netral abu dan elemen kayu. Membuat kedai kopi ini sederhana dan nyaman serta luas dengan perabotan yang tidak banyak. Saya suka!

Dalam kesederhanannya, menurut saya X.O. Coffee cukup memikat menyalakan semangat minum kopi yang benar di kawasan Kabanjahe dan sekitarnya. Kedai yang berada di jalan raya yang tak begitu besar ini menjadi ‘tempat pulang’ untuk siapa saja yang merindu menikmati kopi enak tanpa perlu pergi jauh-jauh lagi.

Jika mampir atau kebetulan lewat ke Kabanjahe, singgahlah sebentar ke X.O. Coffee yang menyenangkan ini. Saya sendiri tidak merasa sedang ngopi di kedai kopi, melainkan di rumah dengan suasana hangat di ruang tamu yang membuat jemu jauh dari jangkauan mata. Terima kasih X.O Coffee. Semoga lain waktu bisa kembali!

X.O. Coffee

Jalan Pahlawan No.12, Padang MAS,

Kabanjahe, Kabupaten Karo,

Sumatera Utara 22111, Indonesia 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.