MANFAAT BIKIN ESPRESSO SENDIRI DENGAN MOKA POT

Untuk seduh kopi sendiri di rumah memang perlu alat kopi yang tidak hanya nyaman digunakan tapi mudah dipelajari tentunya. Stovetop Moka Pot sangat sesuai bagi kita yang hobi bikin espresso sendiri di rumah dan sangat mudah untuk mempelajari cara kerja bagaimana air seduhan mengekstrasi bubuk kopi pada alat Moka Pot.

KESANNYA pecinta kopi adalah mereka yang menikmati kopi dari alat-alat kopi manual brew seperti V60, Aeropress, dan alat kopi fancy lainnya. Padahal alat kopi satu ini, selain estetis dengan kesederhanaannya; stovetop moka pot punya kisah menarik. Alat kopi bergaya tradisional ini, lahir memang dari dapur rumah di Itali pada masa awal perkembangannya. Siapa yang mengira teori cara kerja Stove Top Moka Pot terinspirasi dari mesin cuci yang beroperasi. Pada saat itu, penemu Moka Pot memperhatikan mesin cuci yang sedang digunakan oleh istrinya, dan kemudian konsepnya dikembangkan sehingga menjadi Stovetop Moka Pot.

Sekilas cara kerja dari stovetop moka pot, sehingga memudahkan kita untuk mengerti sebelum bikin espresso sendiri di rumah menggunakan alat kopi ini. Secara sederhana, konsep cara kerja dari stovetop moka pot seperti memaksa bubuk kopi terekstraksi dari tekanan air didih yang datang dari wadah boiler bawah. Lebih jelasnya, fine ground coffee yang disediakan akan dimasukkan ke coffee plug dan dipasangkan ke water boiler yang sudah berisi air untuk dipanaskan. Sudah terpasang kemudian letakkan di kompor, seketika air mulai mendidih maka air seduhan akan naik ke atas karena ada tekanan uap dari ruang water boiler. Air seduhan yang naik ke atas tadi, memaksa bubuk kopi terekstraksi secara cepat dan selanjutnya liquid espresso keluar dari exit tube pada hasil akhirnya.

credit: flickr

Untuk lebih memastikan lagi, bagaimana alat kopi satu ini menjadi sangat menarik untuk digunakan di rumah, berikut manfaat bikin espresso sendiri dengan moka pot di mana pun kita berada.

TERJANGKAU
Bagi kita yang ingin menikmati espresso di rumah, sangat tidak mungkin untuk membeli mesin kopi manual yang membutuhkan budget yang berlebih. Kalau hanya untuk kebutuhan ngopi harian, dengan stovetop moka pot sudah sangat memenuhi espresso harian. Harga sangat terjangkau untuk banyak kalangan, tidak membutuhkan alat kelengkapan lainnya, cukup stove top moka pot.

CITA RASA AUTENTIK
Sebenarnya pada masa awal espresso terlahir di dunia perkopian, karakter rasa cendering mirip hasil sajian dari stove top moka pot. Jika kita bisa kembali ke masa lalu, saat espresso mulai memperkenalkan diri, menikmati espresso dengan stovetop moka pot adalah cara terbaik menikmati pengalaman seruput kopi itali otentik.

MUDAH PENGGUNAANNYA
Tidak perlu melengkapi pengetahuan espresso yang rumit, seperti konsep espresso secara umum, tamping, brewing time, dll. Menggunakan stovetop moka pot, hanya perlu memahami perbandian air seduhan yang digunakan dan juga bubuk kopi yang digunakan, maka selanjutnya biarkan stovetop moka pot bekerja.

EKSPLORASI SAJIAN
Untuk memanipulasi sajian espresso kita dengan menambahkan bahan lainnya sangat memungkinkan. Semisal bubuk kopi dicampur dengan rempah lainnya ketika diekstraksi, atau disajikan dengan sentuhan lemon, bahkan membuat cappuccino sendiri di rumah sungguh pengalaman yang sangat nikmat setiap hari tanpa harus pergi ke kedai kopi.

Bagaimana pengalaman kamu menggunakan stove top moka pot?

src: sisitano.com img: flickr

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.