MANFAAT KAFEIN KOPI UNTUK PARA PELARI

Hobi jogging untuk menjaga tubuh tetap atletis, kamu harus coba meneguk kopi sebelum berlari, dan buktikan manfaatnya.

BUKAN sesuatu yang baru, bahwa kandungan kafein kopi mampu mengoptimalkan aktifitas olahraga, namun hal ini masih saja menjadi isu yang seru untuk diperbincangkan di kalangan pelari, baik atlit lari mau pun para pehobi. Padahal banyak penelitian yang menjelaskan manfaat kafein untuk kegiatan olahraga aerobik seperti berlari. Pada takar yang sesuai, meneguk kopi sebelum berolahraga memberikan pengaruh positif seseorang, dari mulai daya tahan tubuh untuk durasi berolahraga hingga memaksimalkan manfaat olahraga itu sendiri untuk tubuh.

Awalnya minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan lainnya, dihindari sebelum melakukan olahraga karena bisa memicu penyebab percepatan urinasi pada tubuh. Padahal tidak hanya minuman berkafein, minuman non kafein pun sebenarnya memicu diuretik juga pada kadar yang berlebih. Hal ini disebabkan ketika berolaraga, kerja otot dan organ lainnya memerlukan banyak asupan dari mulai cairan tubuh dan kandungan lain dari cadangan tubuh. Maka lebih baik tidak minum terlalu berlebihan ketika akan berolahraga, cukupkan saja kebutuhan asupan untuk persiapan berolahraga.

Di sisi lain, sebenarnya kafein pada kopi bermanfaat untuk tubuh seseorang yang sedang berolahraga, tidak perlu terlalu banyak untuk mengambil manfaat kafein untuk aktifitas olahraga harian kamu. Agar tidak mengganggu kegiatan berolahraga teguklah secukupnya kopi, sehingga kandungan kafein memberikan kontribusi posisitf selama berolahraga.

credit: pexels.com img Tembela Bohle

Mengurangi Nyeri Otot
Sebuah temuan menjelaskan bahwa kafein pada kopi membantu mengurangi nyeri otot yang sering dialami ketika seseorang berolahraga. Penelitian ini melibatkan para pesepeda yang diberikan tugas bersepeda selama 30 menit pada dua hari terpisah. Intensitas latihan pun sengaja untuk membuat otot paha kelelahan agar mengalami nyeri otot. Faktanya, pesepeda yang menenggak pil kafein satu jam sebelum latihan mengaku nyeri otot tidak terlalu sakit dibandingkan para pesepeda yang tidak mengkonsumsi kafein.

Para peneliti di Universitas Georgia melakukan studi penelitian pada para pesepeda, pada kesimpulannya kafein mampu mengurangi nyeri otot ketika latihan bersepeda. Maka bukan tidak mungkin jika para pelari memanfaatkan hal yang sama seperti para pesepeda.

Meningkatkan Pembakaran Lemak
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kafein memberikan tenaga ekstra ketika menjalani aktifitas olahraga. Sebuah penelitian lain oleh tim Institusi Olahraga Australia dilakukan, melibatkan para pesepeda menguji efek kafein. Terungkap bahwa kafein dapat memicu kerja otot untuk menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi daripada kandungan gula pada tubuh. Pesepeda diberikan minuman cola dan sebagiannya kopi ketika bersepeda, dan mampu mengayuh lebih lama dibandingkan pesepeda yang hanya minum air mineral.

Hal ini menjelaskan bahwa kafein juga mampu meningkatkan kinerja para pelari untuk memaksimalkan hasil akhir dari aktifitas lari mereka. Bahkan penelitian lain juga menjelaskan tentang pemanfaatan kafein ketika berolahraga dan mampu menunda perasaan lelah hingga 60%.

credit: verywellfit.com

Sumber kandungan kafein memiliki banyak sumber, namun lebih nikmat jika mengambil manfaat kafein dari kopi yang diseduh sendiri. Selain meningkatkan kinerja selama latihan berolahraga, kafein juga membantu meningkatkan konsentrasi serta pemikiran lebih jernih. Malahan, kandungan kafein pada kopi akan lebih jelas pengaruhnya pada pelari yang bukan penikmat kopi. Hal ini menjelaskan bahwa tiap tubuh orang berbeda pengaruhnya merespon kafein. Namun sebelum mencoba menenggak kafein kopi, lebih baik mengenal daya serap tubuh terhadap sajian kopi, sehingga tidak menyebabkan pengaruh yang mengganggu aktifitas olahraga.

Pada masa latihan bersepeda, berlari, atau olahraga aerobik lainnya memaksimalkan hasil akhir latihan dengan kafein kopi tidak ada salahnya. Tapi, pada ajang kompetisi olahraga aerobik, minuman yang mengandung kafein tidak akan disediakan pada pihak penyelenggara. Pernahkah kamu mencobanya sebelum beraktifitas pada latihan lari kamu?

sumber
realbuzz.com Can Caffeine Boost Your Running Performance?
img shemazing.net

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.