MANFAAT MINUM KOPI TANPA GULA

“Jangan ada gula di antara kita,” bisik secangkir kopi hitam yang jadi teman baikmu akhir-akhir ini.

SEBENARNYA perkara gula dan kopi bukanlah satu dua hari dibahas. Kehadiran gula pada kopi pun sebenarnya adalah pilihan masing-masing orang. Dan seperti menikmati ragam hal lain, cara orang menikmati kopi pastilah berbeda-beda. Ada yang dengan gula, susu, madu, rempah atau dibiarkan hitam begitu saja. Tak ada yang salah, tak ada yang benar. Semuanya dikembalikan lagi kepada selera masing-masing.

Namun seperti diketahui, mengonsumsi gula secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama tentunya akan memberi efek buruk bagi kesehatan. Tak hanya gula pada kopi, gula pada makanan pun tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Lalu adakah manfaat yang sebegitu hebat jika pada akhirnya kita memutuskan menceraikan kopi dari gula? Berikut beberapa manfaatnya!

Mencegah Diabetes

Seperti diketahui bahwa gula adalah musuh besar penyakit diabetes. Jadi jika kamu memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini sebaiknya mengurangi mengonsumsi kopi dengan gula. Karena kamu berisiko terkena diabates dari turunan. Mereka yang mengonsumsi kopi tanpa gula memiliki kecendrungan lebih kecil terkena diabetes ketimbang yang tidak. Jadi sebaiknya berhenti minum kopi dengan gula jika kamu tak mau terkena penyakit menyebalkan ini.

Untuk Program Penurunan Berat Badan

Mengonsumsi kopi tanpa gula terbukti membantu penurunan berat badan dengan lebih cepat. Kopi mampu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen. Tapi tentunya harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah kalori lain dan melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

Membersihkan Pencernaan

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bakteri dan racun pada pencernaan dapat dengan lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak mengendap lama pada sistem pencernaan kita.

Membantu Mempertajam Daya Ingat

Mereka yang rutin minum kopi tanpa gula setiap hari memiliki risiko terkena parkinson lebih rendah dari yang tidak. Juga membantu mempertajam daya ingat dan mengurangi resiko terkena pikun pada saat menua nanti. Itu kenapa para orang tua disarankan minum kopi dalam dosis kecil agar daya ingatnya senantiasa terjaga.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beruntunglah kamu yang tidak minum kopi dengan gula. Karena itu sangat menguntungkan kesehatan jantungmu. Kopi terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular salah satunya penyakit jantung.

Artikel disunting dari beberapa situs kesehatan

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

7 Comments
    1. Coba bikin pakai v60 dulu sis. Saya kl mau kopi tanpa gula bikinnya pakai v60. Coba2 beans yang cocok dengan selera.
      Saya senang yg fruity dengan tingkat keasaman sedang

  1. Bayangkan minum jamu tapi gak pahit pahit amat.Seringkali saya ditanya tukang warung.Rasanya bagaimana.Ya rasa kopi😂

  2. Coba minum kopi tanpa gula dg cemilan yg manis2 Bu. Ibu akan merasakan citra rasa kopi yg sesungguhnya dg rasa manis dari cemilan yg terpisah.

  3. Mungkin sudah menjadi “budaya” kita sejak jaman dulu untuk menambahkan gula dalam setiap minuman (kopi kasih gula, teh kasih gula juga, bikin jus buah tambah lagi gulanya dst) & jika kurang gula kita pasti bilang “kurang pas nih”. Jadi susah move on dari gula.

    Utk kopi kadang saya berpikir apakah karena dari awal karena kurang informasi sehingga menyebabkan ketidak tahuan kita dalam meroasting yg baik dan benar (yg saya tau biasanya didesa2 menyangrai biji kopi sampai hampir gosong) sehingga tertanam kalau kopi itu pahit sekali jika tidak ditambahkan gula. Ini hanya opini saya, correct me if i’m wrong

  4. Arabica terlalu nikmat jika tanpa gula, tapi tidak dengan Robusta, sementara kopi pasaran di Indonesia didominasi oleh jenis Robusta, mungkin ini salah satu penyebab pencampuran kopi dg gula seperti kewajiban di Indonesia.

  5. Mungkin krn Indonesia salah satu penghasil gula terbesar di Asia Tenggara dan jg budaya yg mengsangrai kopi sampe gosong sehingga hny ada rasa pahit … itu mungkin kenapa hrs minum dg tambahan gula.
    Kl mau coba kopi tanpa gula bisa dimulai dg vietnamdrip ato V60 dan beli kopi biji ato klpun bubuk hrs dg roastery yg terpercaya (jd mmg kopi asli tanpa campuran) ….kl dg frenchpress takutnya over extraksi, ini pendapat dan pengalaman sy aja..
    Mungkin ada pendapat yg lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.