MANFAAT MINUM KOPI TANPA GULA

“Jangan ada gula di antara kita,” bisik secangkir kopi hitam yang jadi teman baikmu akhir-akhir ini.

SEBENARNYA perkara gula dan kopi bukanlah satu dua hari dibahas. Kehadiran gula pada kopi pun sebenarnya adalah pilihan masing-masing orang. Dan seperti menikmati ragam hal lain, cara orang menikmati kopi pastilah berbeda-beda. Ada yang dengan gula, susu, madu, rempah atau dibiarkan hitam begitu saja. Tak ada yang salah, tak ada yang benar. Semuanya dikembalikan lagi kepada selera masing-masing.

Namun seperti diketahui, mengonsumsi gula secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama tentunya akan memberi efek buruk bagi kesehatan. Tak hanya gula pada kopi, gula pada makanan pun tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Lalu adakah manfaat yang sebegitu hebat jika pada akhirnya kita memutuskan menceraikan kopi dari gula? Berikut beberapa manfaatnya!

Mencegah Diabetes

Seperti diketahui bahwa gula adalah musuh besar penyakit diabetes. Jadi jika kamu memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini sebaiknya mengurangi mengonsumsi kopi dengan gula. Karena kamu berisiko terkena diabates dari turunan. Mereka yang mengonsumsi kopi tanpa gula memiliki kecendrungan lebih kecil terkena diabetes ketimbang yang tidak. Jadi sebaiknya berhenti minum kopi dengan gula jika kamu tak mau terkena penyakit menyebalkan ini.

Untuk Program Penurunan Berat Badan

Mengonsumsi kopi tanpa gula terbukti membantu penurunan berat badan dengan lebih cepat. Kopi mampu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen. Tapi tentunya harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan rendah kalori lain dan melakukan olahraga secara teratur setiap hari.

Membersihkan Pencernaan

Kopi adalah minuman yang bersifat diuretik. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula bakteri dan racun pada pencernaan dapat dengan lebih mudah dikeluarkan sehingga tidak mengendap lama pada sistem pencernaan kita.

Membantu Mempertajam Daya Ingat

Mereka yang rutin minum kopi tanpa gula setiap hari memiliki risiko terkena parkinson lebih rendah dari yang tidak. Juga membantu mempertajam daya ingat dan mengurangi resiko terkena pikun pada saat menua nanti. Itu kenapa para orang tua disarankan minum kopi dalam dosis kecil agar daya ingatnya senantiasa terjaga.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beruntunglah kamu yang tidak minum kopi dengan gula. Karena itu sangat menguntungkan kesehatan jantungmu. Kopi terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular salah satunya penyakit jantung.

Artikel disunting dari beberapa situs kesehatan

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.