MANFAAT PELIHARA LEBAH DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PETANI KOPI

Siapa yang mengira ternyata kawanan lebah ini sangat memberikan kemudahan untuk masyarakat petani kopi, selain membantu proses pertanian kopi, juga dapat membantu pemasukan keluarga petani kopi, yang kelak hasil dari kawanan lebah ini digunakan sendiri atau dijual untuk kebutuhan pertanian atau yang lainnya.

KEBUN kopi butuh dikelola dengan baik dan bahkan dalam proses mengelolanya tidak jarang membutuhkan banyak biaya, belum lagi tantangan demi tantangan yang dihadapi oleh para petani kopi kita seperti gagal panen, atau hama penyakit yang mengganggu produksi. Hal ini pasti sangat mengganggu perkiraan pendapataan yang seharusnya didapatkan dan nantinya digunakan untuk banyak hal. Sebab, beberapa petani kopi tidak sanggup mengurusi sendiri kebun mereka, ada juga yang memilih untuk memakai buruh upah untuk membantu pekerjaan di kebun. Maka dari itu petani kopi harus punya solusi untuk menekan biaya keluar untuk yang lain agar keuangan stabil. Beternak kambing agar mendapatkan pupuk alami dari kotoran ternak, merupakan salah satu solusi agar keuangan tetap stabil.

Beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan sistem kebun yang saling terintegrasi, sehingga dalam sebuah ekosistem kebun tidak ada yang terbuang sia-sia. Seperti menanam pohon lamtoro di sekitar kebun kopi, daunnya dapat membantu kesuburan tanah dan batang pohonnya bisa dijadikan kayu bakar untuk dijual ataupun digunakan sendiri. Dan ada satu lagi yang sangat menarik untuk dilakukan di sekitaran kebun kopi, yaitu memelihara lebah madu. Mungkin sekilas bertanya-tanya untuk apa memelihara lebah madu di kebun kopi, berikut ulasannya.

credit: google img

PANEN MADU, MEMBANTU MASA SULIT
Sekitar tahun 2012 perkebunan di beberapa daerah negara Amerika Latin dan juga seputaran Meksiko dilanda penyakit karat daun pada perkebunan kopi mereka. Dan banyak petani kopi hampir kehilangan 80% jumlah panen kopi mereka dikarenakan wabah penyakit karat daun ini. Bayangkan saja, para petani kopi yang menggantungkan hidup dengan hasil panen mengalami penurunan panen, menjadi masalah yang serius. Nah, sehingga di tahun yang sama pula, beberapa petani kopi membentuk komunitas untuk menemukan solusinya, disamping mencari cara menyelamatkan kebun kopi mereka juga mencari apa yang bisa mereka perbuat selamat kebun kopi mereka tidak produktif. Dan akhirnya solusinya memelihara lebah madu di pekarangan kebun kopi mereka.

Dan pada akhirnya, hingga sekarang ini petani kopi di Amerika Latin dan juga Meksiko memiliki kesibukan lain tidak hanya mengelola perkebunan kopi mereka, namun juga mengelola kandang-kandang lebah madu milik mereka. Tiap tahunnya lebah-lebah madu ini sangat potensial menghasilkan madu, apakah itu akan dikonsumsi sendiri dan dijual pada masyarakat sekitaran kebun kopi atau langsung menjual kepada pembeli sebagai produsen suplemen. Untuk mengerti karakter lebah madu dan bagaimana memeliharanya bukanlah waktu yang sebentar, pasti butuh proses dan proses itu sudah dilalui para petani kopi ini.

credit: coorgstories

PENYERBUKAN BUNGA TANAMAN KOPI
Hampir semua tanaman bergantung pada penyerbukan untuk proses pembuahan, begitu pula dengan tanaman kopi. Secangkir kopi yang nikmat hari ini, juga melalui proses penyerbukan pada bunga kopi yang kelak akan menjadi buah kopi. Mungkin penyerbukan kopi tidak hanya tugas dari serangga lebah madu, serangga lain pun bisa mengambil peran ketika masa penyerbukan tiba. Namun penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas Vermont mengatakan bahwa penyerbukan kopi yang dilakukan oleh lebah dapat memaksimalkan pertumbuhan buah kopi. Nantinya dapat meningkatkan kualitas dari biji kopi dan membuat ukuran biji kopi lebih seragam.

Jika memelihara lebah madu khusus untuk melakukan penyerbukan tanaman kopi saja otomatis, madu yang dihasilkan adalah madu yang dibawa lebah dari pohon kopi. Mungkin bisa dikatakan, inilah honey speciality yang khusus dari tanaman kopi, tapi untuk produk madu sendiri masih bersifat umum tidak seistimewa tanaman kopi yang memiliki harga berbeda tergantung cita rasa.

src: scanews.coffee npr.org img: pinterest

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.