MANFAAT TERSEMBUNYI DARI SEDUH KOPI SENDIRI

Ternyata tak hanya kopi yang bermanfaat bagi para peminumnya. Mereka yang seduh kopi sendiri juga mendapatkan manfaat untuk kesehatan yang sudah teruji pula.

SELAIN lebih hemat dalam urusan ngopi, ternyata seduh kopi sendiri memiliki manfaat hebat bagi kesehatan. Beberapa studi mengatakan bahwa peminum kopi yang menyeduh kopinya sendiri dipercaya dua kali lipat lebih fokus dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari.

Mereka yang bangun tidur di pagi hari dan langsung ngopi dengan cara seduh sendiri terbukti lebih semangat menjalani hari ketimbang mereka yang tidak. Menyeduh kopi sendiri, terutama dengan alat seduh manual membuat tubuh bekerja lebih baik di pagi hari karena otak secara otomatis memerintahkan tubuh untuk melakukan ini dan itu dalam ritual seduh. Juga, mereka yang menyeduh kopi sendiri di pagi hari jauh lebih mudah menghapus kemalasan ketimbang mereka yang tidak.

Tak hanya itu, sebuah studi di Amerika Serikat mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi dengan cara take away biasanya lebih sukar mengatur waktu secara efisien ketimbang mereka yang menyeduh sendiri kopinya. Menyeduh kopi sendiri membuat orang-orang lebih cermat dalam urusan waktu.

Selain itu, menyeduh kopi di tempat kerja atau kantor juga dinilai memberikan energi menyenangkan yang mampu menunjang stamina kerja. Para ahli percaya mungkin kegiatan menyeduh memberi perasaan senang dan meningkatkan hormon endorfin. Apalagi saat indera penciuman menghirup aroma kopi yang memang ampuh memberi sensasi rileks.

Jika menikmati kopi sesaat sebelum bekerja meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Maka menyeduh kopi sendiri sesaat sebelum bekerja memompa semangat dan menajamkan daya fokus berkali lipat. Nah, masih ada di antara kamu yang malas menyeduh kopi sendiri jika sudah tahu begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat?

Kalau saya sih memang gemar seduh kopi sendiri. Bukan kenapa-kenapa, tapi seduh kopi sendiri memberi perasaan puas dan bahagia apalagi jika kopi hasil seduhannya nikmat tak terkira. Kira-kira ada juga yang merasakan asyiknya pengalaman seduh sendiri seperti saya?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Setuju Mbak,
    Kopi seduhan sendiri itu lebih nikmat karena bisa disesuaikan dengan karakter kita sendiri.
    Kadar kenikmatan minum kopi setiap orang itu berbeda-beda. Dengan brew sendiri, kita bisa memilih brewing metode yang cocok dengan karakter kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.