MANUAL GRINDER YANG SESUAI UNTUKMU, CARI TAU PHAROS 2.0

Grinder bisa dibilang adalah alat kopi yang wajib ada di dapur rumah kita, tidak hanya selalu sedia biji kopi yang segar di rumah untuk melayani kebutuhan ngopi kita, grinder menjadi hal utama untuk menentukan sajian kopi menjadi nikmat. Seberapa kasar atau seberapa halus bubuk kopi nantinya, mempengaruhi karakter rasa kopi ketika diseduh. Tentunya dapat ngopi nikmat setiap hari adalah mimpi tiap peminum kopi seperti kita ini.

NAMUN jika masih bingung untuk menentukan koleksi manual grinder yang akan mengisi dapur rumah kita, sebelum membelinya kamu harus mengetahui apa saja terkait manual grinder yang sesuai untuk kita. Karena tiap orang tentunya berbeda kebutuhannya menikmati kopi harian mereka, sudah pasti kebutuhan akan manual grinder juga berbeda. Hanya kita yang mengetahui manual grinder yang bagaimana sangat nyaman digunakan untuk gaya seduh kita.

Setelah mengetahui bagaimana gaya seduh dan karakter kesukaan kita akan kopi, tentunya kita dapat menentukan manual grinder yang seperti apa yang akan kita beli. Nah, sedikit banyaknya untuk memilih manual grinder kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal berikut, agar tidak bimbang lagi ketika ingin membeli manual grinder favorit kamu.

credit: kofio.cz

UKURAN MANUAL GRINDER
Kamu yang hobi bepergian jauh namun tetap ingin menikmati secangkir kopi ketika pergi jauh, tentunya lebih memilih manual grinder yang ukurannya tidak terlalu besar, malahan cenderung berbentuk silindris dan mudah dibawa ke mana-mana. Mungkin mempertimbangkan ukuran manual grinder Tiamo Coffee Grinder sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan kopi kita ketika diperjalanan. Tapi bukan berarti manual grinder bergaya klasik tidak boleh kamu bawa, kamu yang tidak mementingkan ukuran manual grinder membawa grinder berukuran besar juga seru.

MATERIAL MANUAL GRINDER
Sebelum membelinya pertimbangkan bagaimana manual grinder diproduksi, apakah bahan dari stainless steel atau ceramic sesuai untuk kebutuhan menggiling kopi kita. Tentunya kedua bahan ini perlu dipertimbangkan, karena banyak manual grinder yang diproduksi dari bahan campuran dan tidak tahan lama. Pilihlah manual grinder yang tahan lama yang terbuat dari stainless steel seperti Comandante atau perpaduan dari banyak bahan seperti Handground Coffee Grinder. Dan umumnya ceramic burr tidak terlalu tahan dengan biji kopi yang terlalu keras, dan lebih cepat pecah sehingga hasilnya cenderung tidak konsisten. Berbeda dengan steel burr yang lebih presisi menghasilkan bubuk kopi dan lebih gampang untuk menggiling serta lebih ringan dan juga hasil seduhan akan lebih nikmat karena bubuk kopi yang dihasilkan lebih konsisten.

credit: barcelona.info

FITUR MANUAL GRINDER
Untuk menyajikan sajian kopi yang berbeda pasti butuh ukuran bubuk kopi yang berbeda pula. Sudah pasti sebelum memilih manual grinder yang akan dibeli, pastikan manual grinder tersebut memiliki fitur yang memudah kita ketika mengatur ukuran gilingan bubuk kopi. Tingkat kenyamanan ketika digunakan juga menjadi fokus utama, bagaimana jadinya jika fitur sangat sesuai tapi ternyata tidak sesuai dengan gaya seduh kita.

  • Setting Burr Grinder : Sangat memudahkan jika untuk setting burr ada pengunci burr, sehingga lebih konsisten bubuk kopi yang digiliing untuk diseduh nantinya, dan lebih menarik lagi jika manual grinder dilengkapi dengan setting yang detail maka lebih seru eksplorasi grind size kopi untuk mencari karakter kopi
  • Handle Grinder : Tingkat kenyamanan manual grinder berbeda-beda, pegangan yang ikut memutar ketika proses menggiling akan lebih nyaman dan tidak membuat tangan menjadi lecet atau sakit. Pilihlah manual grinder yang nyaman menurut kamu, jangan terlalu fokus dengan jenis burrnya.
credit: google img

SEKILAS TENTANG PHAROS 2.0 MANUAL GRINDER
Untuk menemani koleksi alat kopi yang bergaya elegan, Pharos 2.0 menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dimiliki. Manual grinder satu ini adalah edisi baru dari produsen yang menciptakan Pharos manual grinder. Dari review obrolan beberapa barista di forum home-barista, Pharos 2.0 mendapatkan banyak pujian pada tahap perbaikan produksi. Pharos 2.0 memiliki banyak kelebihan disamping bentuknya yang gahar dan elegan, desain terbarunya ini memudahkan kita menentukan seberapa halus bubuk kopi yang diinginkan karena ada penanda level grinder yang bisa dijadikan referensi ukuran gilingan, hal ini merujuk pada konsistensi setiap seduhan kopi kita. Mampu menggililng biji kopi hingga 20 gram, sehingga kita dapat menyeduh kopi lebih banyak untuk banyak orang.

Jika dalam tahap pengembangannya ada sebagian orang di forum barista yang khawatir bahwa akan kesulitan ketika menuangkan biji kopi yang akan digiling, ternyata Pharos 2.0 menjawab kekhawatiran para barista tersebut. Tidak ada lagi biji kopi yang terkeluar ketika dituang dan akan digiling menggunakan pharos. Jangan terheran dan coba membandingkan dengan manual grinder lainnya yang cenderung terkadang lama ketika menggiling biji kopi kamu, Pharos 2.0 sangatlah gesit untuk menggiling biji kopi dengan gilingan yang cepat dan belum ada sejauh ini masalah iritasi ketika penggunaannya. Sebab kenob pegangan yang ergonomis sangat nyaman ketika digenggam, semakin eksklusif dengan dilengkapinya conical commercial steel sebagai burr penggiling dengan ukuran 68mm buatan Itali.

Desain yang dirakit kokoh pada Pharos 2.0 bukan berarti sulit untuk dibersihkan, manual grinder ini dibuat mudah untuk dilepas ketika dibersihkan, sebabnya Pharos 2.0 menjadi manual grinder pandatang baru yang sangat menarik menjadi koleksi alat kopi kita. Tapi Pharos 2.0 tidak sesuai untuk mau yang hobi traveling, namun sangat cocok untuk melengkapi alat kopi kamu di rumah.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.