MARI BANTU KEDAI KOPI DENGAN 4 HAL KECIL INI!

Berapa banyak kedai-kedai kopi di sekitar kita yang mulai menyerah dengan pandemi ini? Sebelum semakin banyak, mari bantu yang masih bertahan dengan hal-hal kecil ini!

PANDEMI tak hanya menyerang satu bidang industri, tapi menerjang hampir keseluruhan cabang bisnis. Tak terkecuali industi kopi kita. Mulai dari kedai kopi, roastery, green buyer, penjual alat kopi hingga petani yang jauh di hulu sana. Jika satu saja rantai industri kopi kita terhenti, maka akan terhambatlah seluruh lingkaran panjang ini.

Kita juga paham, daya beli pasti berkurang. Tapi setidaknya kita masih bisa membantu sedikit. Semua orang punya caranya untuk membantu, sekecil apapun itu. Dan kita yang di hilir bisa kok ikut membantu kedai kopi agar mereka terus berjalan, lalu roastery pun ikut bergerak hingga ke petani yang masih bisa menjual biji kopinya. Berikut adalah beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan!

Tetap Beli Kopinya

Tak harus setiap hari. Tak musti setiap waktu. Karena kita sama-sama tahu semua orang sedang berhemat dalam situasi yang tak jelas ini. Mungkin tiga hari sekali atau seminggu sekali, secangkir kopi yang kamu beli akan menyelamatkan roda bisnis kedai kopi. Setidaknya ada perputaran. Setidaknya ada geliat meski geraknya kecil. Tapi jika satu orang berpikir sama denganmu, maka akan ada pergerakan besar, bukan?

Bantu Mereka Berpromosi

Jika mereka mengadakan promo, tak ada salahnya untuk ikut menyebarkan berita ini. Di sinilah kekuatan media sosial dibutuhkan. Tak ada ruginya jika kamu mengunggah promo-promo mereka di Instagram Story. Jangan pikir ini tak berguna? Di waktu sekarang pengguna media sosial lebih banyak melihat media sosial dari waktu sebelum pandemi. Siapa tahu satu atau dua orang akan tertarik beli, ya kan? 

Foto dari favim.com

Beri Masukan

Jangan ragu untuk memberi masukan jika kamu memiliki ide-ide penjualan di masa pandemi ini. Siapa tahu memang berguna dan bisa meningkatkan penjualan mereka. Beri masukan mereka agar melakukan “live brewing” di akun Instagram-nya. Atau beri masukan mengadakan games kecil-kecilan untuk meningkatkan awareness. Apapun itu pasti berguna.

Seduh Di Rumah ala Kedai Kopi

Kalau kamu adalah tim seduh kopi di rumah, maka inilah saatnya mendukung kedai kopi favoritmu dengan biji kopi atau espresso blend yang mereka jual. Beberapa kedai kopi menjual espresso blend atau blend khusus kopi susu mereka agar penikmat kopinya bisa menyeduh sama enaknya di rumah. Ini bisa kamu beli dan pastinya jauh lebih hemat kan? Jangan lupa untuk stok single origin jika kedai kopimu menyediakannya juga. Bantu kedai kopi, bantu roastery dan tentu bantu petani!

 

Foto utama dari digitaltrends.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.