MARI BERKENALAN DENGAN BARRAQUITO COFFEE

Perjalanan mengajarkan saya banyak hal, salah satunya menemukan ragam jenis minuman berbahan dasar kopi yang rupa-rupa rasanya.

SAAT menulis ini, saya sedang berada di sebuah kedai kopi spesialti di Da Nang, Viet Nam Tengah bernama Cong Kopi. Kedai kopi yang salah satu owner-nya adalah teman saya, ya orang Indonesia. Lama bergelut di dunia kopi, baru kemarin saya mencoba satu resep kopi yang anehnya saya cicipi di sini. Namanya Barraquito atau Baracito terserah bagaimana kamu mengucapkannya.

Barraquito ini bukanlah minuman orang Viet Nam meski saya pertama kali mencicipinya di sini. Minuman ini berasal dari Spanyol dan dinikmati secara massal di sana. Teman saya menawarkan untuk membuat menu ini khusus untuk saya. Di Cong Kopi sendiri menu ini tak tersedia. Ya, semacam menu rahasia. Dan rasanya begitu mengejutkan ‘agak’ mirip tiramisu padahal di dalamnya ada sentuhan alkohol yang tidak memabukkan hanya menghangatkan saja.

Lalu apa komposisi Barraquito ini sebenarnya? Barraquito ini terbuat dari espresso (bisa double ataupun single), susu kental manis, liquor sesuai selera kamu (kami menggunakan Liqor 43), whipped cream secukupnya dan biji kopi sebagai garnisnya. Di negara asalnya, Barraquito kadang-kadang bisa diberi kulit lemon parut dan bubuk kayu manis. Semuanya sesuai selera saja dan bisa dimodifikasi sesukanya.

Kata teman saya Barraquito bisa dinikmati hangat maupun dingin. Saya sendiri lebih suka menikmatnya dingin. Saat Barraquito disajikan, kamu harus mengaduknya hingga merata. 3 lapis komponennya harus dilebur agar semuanya menyatuh dan sedap saat dinikmati. Tegukan pertama terasa seperti tiramisu dengan aroma kopi. Dan untuk sensasi kedua saya lebih suka menciduknya dengan sendok dan makan ala dessert. Ajaib juga Barraquito ini. Di Da Nang yang masih sejuk karena sisa musim dingin, minuman ini menghangatkan dengan kadar yang cukup. Seperti pelukan yang dinanti-nanti. Ha-ha-ha.

Sebenarnya untuk saya Barraquito Coffee lebih nikmat dijadikan dessert setelah makan malam. Saya sendiri berniat membuat Barraquito sendiri sesampainya di rumah nanti. Oh iya, jika tak ingin mengonsumsi alkohol, kamu bisa mengganti liquor dengan madu atau sirup mapel.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.