MARI JATUH HATI DI CATURRA ESPRESSO

Jika mencintai itu ibarat minum kopi. Maka izinkan saya memilih Caturra Espresso Surabaya sebagai kekasih. Tempat ini begitu mudah dicintai dengan begitu banyak alasan

ADA begitu banyak cerita yang dihadirkan di setiap kedai kopi yang saya singgahi. Setiap kedai kopi memberi pengalaman dan pengetahuan yang nyaris tak bisa kamu temukan di tempat lain. Surabaya sebagai kota yang saya singgahi pun memberi kesan yang unik perihal kedai kopi yang bertumbuh di sana. Tak menyangka bahwa Kota Pahlawan ini memiliki banyak sekali coffee shop yang membuat jatuh hati. Salah satu kedai kopi yang membuat saya enggan lupa adalah Caturra Espresso. Begitu banyak alasan untuk mencintai tempat ini. Salah satu alasan terkuat adalah cita rasa kopi dan makanannya yang membuat lidah dan perut serentak berbahagia.

Waktu itu hampir pukul 4 sore dan saya belum makan siang. Caturra Espresso memang menjadi persinggahan pertama saya saat kaki saya menjejak Kota Surabaya. Saya pikir nanti sekalian saja makan siangnya di Caturra sambil menikmati kopi yang saya dengar dari banyak orang nikmat bukan bualan. Sesampainya di Caturra Espresso mata saya langsung terpana melihat alat seduh dingin yang berdiri gagah di coffee bar. Tower Oji Cold Dripper adalah salah satu alat seduh dingin yang unik. Agak sulit menemukan cold dripper jenis ini di berbagai kedai kopi. Beruntung saya bisa menyaksikannya langsung di Caturra Espresso dan dia bersanding mesra dengan mesin espresso La Marzocco PB 3 Group bersama mesin penggiling otomatis sekelas Mazzer dan teman-temannya.

Sore itu Caturra Espresso cukup lengang. Hanya ada beberapa orang yang mengisi meja-meja yang disediakan. Di sini ada beberapa ruangan dan saya tentu memilih ruangan indoor dengan jendela kaca agar memungkinkan cukupnya cahaya yang masuk agar lebih asyik untuk foto-foto. Desain kedai yang minimalis dengan warna putih yang dominan membuat Caturra Espresso ini begitu luas. Saya senang berada di kedai kopi seperti ini. Playlist musik yang baik, desain kedai yang asyik serta suasana yang tidak terlalu riuh membuat saya mudah jatuh hati padahal kopi dan makanannya belum saya cicipi. Kadang jatuh cinta memang sesederhana itu ya.

Sebenarnya saya belum puas mengagumi tiap sudut Caturra Espresso yang menurut saya cukup seksi. Tapi panggilan alam berbentuk kelaparan tampaknya tak bisa ditunda. Setelah membolak-balik buku menu akhirnya pilihan untuk late lunch sore itu jatuh kepada Salted Egg Chicken. Saya sudah pasrah jika menu yang saya pilih ini tak senikmat yang dibayangkan. Mengingat Caturra Espresso adalah coffee shop bukan cafe ataupun restoran.

Tapi saat pesanan disajikan dan saya mencicip suap pertama serasa surga langsung menetes di lidah. Salted Egg Chicken ini adalah pemadam kelaparan sempurna dengan ayam yang renyah dan gurih serta perpaduan bumbu dan salted egg yang begitu pas. Ah bahagianya! Oh iya kebahagiaan ini disempurnakan dengan watermelon juice yang segarnya meluruhkan panasnya sore ini.

Selesai dengan urusan perut yang lapar saatnya menuntaskan hasrat ngopi yang sedari tadi sudah tertunda. Caturra Espresso menawarkan banyak sekali pilihan single origin yang begitu menggiurkan. Sekedar informasi, kedai kopi ini menggunakan biji kopi yang disangrai oleh Goodwill Coffee. Uhm interesting!

Tak sabar ingin ngopi akhirnya pilihan jatuh kepada single originAceh Gayo yang diseduh dengan Hario V60. Notes yang saya dapat dari kopi ini adalah nutty, black tea and of course chocolaty.Minuman yang dibandrol Rp. 38.000 ini cukup meluruhkan sakau akan kopi sore ini. Tak puas dengan filter coffee saya juga memesan espresso single shot. Ya maklum saja sebagai pecinta kopi rasanya tak puas jika hanya meneguk dari ranah manual brew saja. Baik filter coffee maupun espresso keduanya memiliki nikmat yang membuat saya puas. Caturra Espresso sejauh ini mampu membuat hati tertambat.

Karena tidak ada kegiatan yang harus dilakukan setelah ngopi saya dan beberapa teman begitu menikmati nongkrong di Caturra Espresso. Sambil membahas perkembangan kopi di Indonesia dan khususnya Surabaya yang semakin hari semakin membanggakan, kedai kopi ini benar-benar layak dijadikan dambaan hati. Lain kali jika saya kembali ke sini saya ingin diseduh dengan beragam alat manual brew.

Caturra Espresso cukup lengkap dalam penyediaan alat seduh manual. Mulai dari Hario V60, Kalita Wave, Cheme, Aeropress hingga Chemex. Oh iya saya juga sempat mengoleh-olehi diri sendiri dengan single originMalabar Natural dan Caturra Espresso Blend untuk dibawa pulang. Tak lupa juga meneteng cold drip kebanggaan mereka yang dibandrol seharga Rp. 38.000 saja.

Caturra Espresso 

Jalan Anjasmoro No.32, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur 60251

1,118 total views, 155 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.