MARI SEDUH KOPI DAN TEH SECARA BERSAMAAN!

Teh dan kopi sungguh berbeda. Namun di tangan mereka yang gemar coba-coba keduanya bisa diseduh secara bersamaan.

MEMANG menikmati kopi dan teh yang dicampur di dalam satu cangkir bukanlah barang baru. Di Tiongkok minuman ini disebut dengan Yin & Yang, di Malaysia, Singapura dan sekitarya minuman ini disebut dengan YuenYeung. Bahkan saya sendiri pernah menikmati secangkir espresso dicampur dengan teh hitam di salah satu kedai kopi di Kuala Lumpur. Rasanya? Sungguh tak bisa dideskripsikan tapi memberi kejut pada teguk dengan cara menyenangkan. Oh iya, resepnya juga pernah saya tulis di Majalah Otten. 😀

Selesai perkara teh dan kopi, kini beberapa teman pun mulai bereksperimen menyeduh kopi dan teh secara bersamaan di dalam satu coffee dripper. Ya kawan, mereka menggiling kopi dan mencampurkannya dengan bubuk teh. Lalu meletakkannya di coffee dripper dan diseduh mengikuti metode seduh manual kopi dengan rasio yang berbeda-beda? Rasanya? Ajaib! Ya mungkin rasanya tergantung jenis single origin dan teh yang digunakan. Saya belum mencoba menyeduh begini tapi hal ini sangat membuat penasaran. Sebuah perkawinan dua hal yang unik.

Tak cukup sampai diseduh secara bersamaan, di beberapa belahan dunia lain kabarnya orang-orang menggabungkan teh dan kopi dengan cara berbeda pula meski masih sederhana. Secangkir kopi yang diseduh manual diletakkan ke dalam cangkir. Lalu kopi yang masih panas itu dimasukkan sekantung teh hijau. Seperti membuat teh biasa hanya saja tidak menggunakan air panas melainkan kopi. Teh celup dengan kopi judulnya!

Untuk yang ini katanya cocok untuk mereka yang bingung mau menikmati apa atau justru ingin menikmati keduanya. Rasa yang didapatkan sangat balance atau tergantung jenis kopi dan tehnya juga. Apakah teh dan kopi yang lebih dominan di tegukan? Semua bisa dilakukan sesuai pilihan teh dan kopinya.

Memang industri kopi dan teh tak pernah berhenti bereksperimen. Dan siapa tahu di antara kita mau mencoba hal yang sama juga. Kalau saya sudah tentu penasaran ingin mencoba dan jika sudah menemukan resep nikmatnya akan saya bagi di sini ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.