MASKER ECOFRIENDLY BERBAHAN DASAR KOPI!

Covid-19 tak hanya mengkhawatirkan dari sisi kesehatan. Tetapi juga dari lingkungan dengan meningkatnya limbah plastik yang berasal dari masker sekali pakai.

HAL ini cukup mencemaskan karena limbah masker sekali pakai, sarung tangan plastik dan banyak produk sekali pakai lainnya yang pada akhirnya berakhir terbuang begitu saja. Sampah-sampah ini sulit diuraikan dan setiap hari makin tinggi jumlahnya. Melihat hal ini, sebuah perusahaan Vietnam – Kanada yang bergerak di bidang alas kaki, ShoeX, merancang sebuah masker yang eco-friendly, mudah terurai, berbahan nabati dan hebatnya lagi terbuat dari kopi!

Mereka merancang masker ini dengan menggunakan teknologi khusus bernama Powerknit Technology. Masker yang diberi nama Masker AirX ini terdiri dari dua komponen yang membentuknya yaitu benang yang terbuat dari bahan dasar kopi yang dibuat dari Powerknit Technology tadi dan sisipan penyaring yang udara yang juga terbuat dari kopi!

credit: groundtoground.org

Masker AirX ini bisa digunakan berulang selama 30 hari dan aman dipakai untuk manusia. Masker ini teruji karena memiliki sifat  antimikroba dari bubuk kopi dan telah memperoleh sertifikasi AATCC 100, standar industri tekstil untuk kinerja kain antimikroba di Amerika Serikat. Jadi sudah pasti aman untuk kesehatan, ya!

Masker ini terdiri dari lima warna yaitu putih, hitam, abu-abu, biru dan coklat kopi. Untuk harganya sendiri kira-kira dibandrol sejumlah $19 saja. Untuk kamu yang berminat sepertinya harus berkecil hati karena sampai sekarang belum masuk ke Indonesia. Tapi kehadiran masker ini setidaknya bisa menjadi alternatif untuk siapapun yang lebih peduli terhadap bumi yang sudah dipenuhi limbah ini ya!

Artikel dan foto disunting dari stylus.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.