MELODRIP; AKSESORIS KOPI UNTUK EKSTRAKSI YANG OPTIMAL

Apakah teknik pouring mempengaruhi ekstraksi kopi pada metode seduh pour over?

METODE seduh dengan pour over merupakan salah satu metode yang banyak pengagumnya, bukan berarti metode seduh lainnya kurang diminati. Hanya saja metode pour over walaupun terkesan sederhana masih menyimpan misteri pada tahap pouring menuju ekstraksi kopi.

credit: coffeedailynews

Beberapa berpendapat mengaduk ground coffee saat dibasahi di sela pouring mengoptimalkan ekstraksi kopi. Tidak sedikit yang merasa hal itu tidak perlu, lebih tepatnya butuh teknik pouring untuk mengekstraksi kopi secara optimal. Biarkanlah hal ini tetap menjadi misteri, yang terpenting adalah hasil akhir dari pouring tersebut; secangkir kopi nikmat.

Agitasi part of Ekstraksi

Agitasi merupakan pergerakan ground coffee ketika proses brewing berlangsung, baik digerakkan karena diaduk menggunakan sendok ataupun bergerak alami karena teknik pouring. Beberapa barista percaya, dalam metode pour over jika mengontrol agitasi maknanya berhasil mengontrol rasa yang diinginkan, benarkah? Seberapa penting peran agitasi pada ekstrasi kopi?

Tahap ekstraksi adalah proses dimana air bertemu dengan ground coffee, dari sinilah karakter rasa mulai muncul, perlahan mengaliri ground coffee hingga menjadi secangkir kopi. Pertemuan antara air dan kopi inilah yang masih meninggalkan dilema, jika air tidak mengalir secara menyeluruh membasahi ground coffee maka rasa khas dari single origin tidak terkeluar maksimal.

Proses agitasi adalah memastikan pertemuan air dengan kopi menyeluruh, sehingga ekstraksi kopi optimal dan memiliki karakter rasa yang lebih. Dan aliran air pada proses agitasi pun biasanya cepat, karena pertemuan air dan kopi dibantu bergerak, apakah itu dengan sendok ataupun teknik pouring spirals.

credit: coffeedailynews

Melodrip better ekstraksi?

Aksesoris pour over ini mampu mengontrol air yang jatuh, sehingga merata mengenai seluruh permukaan saat pertama blooming. Jika pouring biasa menggunakan kettle, hanya satu titik jatuhan di permukaan ground coffee, menggunakan melodrip jatuhan air merata.

Melodrip ini dikembangkan oleh Ray Murakawa, dengan tujuan memaksimalkan agitasi saat proses pouring yang maknanya juga memaksimalkan karakter rasa. Aksesoris ini muncul ketika eksperimennya menyeduh kopi dengan tingkat agitasi yang berbeda, dan bagaimana memaksimalkan agitasi tersebut.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, apakah benar menggunakan aksesoris Melodrip dapat menciptakan karakter rasa terekstraksi maksimal? Alat ini masih dalam tahap uji coba, sehingga belum dapat dipastikan apakah mampu menciptakan secangkir kopi lebih nikmat. Namun pada logikanya, melodrip mengacu pada tahap ekstraksi kopi, better or worse? Kamu harus mencobanya sendiri.

src: dailycoffeenews.com

2,760 total views, 5 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.