MEMAKAN BIJI KOPI BISA LEBIH BERENERGI DARI MINUM KOPI?

Jika meminum kopi mampu meningkat energi para penikmatnya, maka KATANYA memakan biji kopi memberi energi berkali-lipat dari minuman kopi. Benarkah?

RUMOR mengenai memakan biji kopi yang sudah disangrai lebih baik dari minum kopi ini datang dari seorang teman yang berkisah bahwa kenalannya memakan biji kopi lebih sering dari meminum kopi yang sudah diseduh dikarenakan energi yang didapat jauh lebih banyak. Well, saya pun seketika penasaran dengan teori atau katakanlah rumor ini.

Setelah bertanya pada teman-teman seperkopian dan mencari di beberapa situs akhirnya saya menemukan jawabannya. Meski tidak 100% valid setidaknya ada teori yang menjelaskan dan ujungnya memberi saya pencerahan tentang ini.

Ternyata biji kopi yang sudah disangrai menurut livingstrong.com dan diamini oleh seorang teman yang juga roaster, biji kopi yang sudah disangrai tidak memiliki energi yang besar. Alias biji kopi hanya mengandung jumlah kalori yang sedikit atau kurang lebih sama dengan kopi yang sudah diseduh. Kalori adalah sumber dari energi yang terdapat dari makanan. Jadi tidak benar jika memakan biji kopi bisa membuat kamu lebih berenergi adalah tidak benar.

Credit : winedharma.com

Namun, meski kandungan energinya sedikit karena kalorinya sedikit, ternyata biji kopi yang sudah disangrai terbukti memiliki kandungan kafein yang lebih besar dari kopi yang dinikmati dalam bentuk minuman. Perbandingannya adalah dalam secangkir kopi yang sudah diseduh terdapat kira-kira 95 mg kafein. Sedangkan pada beberapa porsi biji kopi yang dilapisi cokelat terkandung 336 mg kafein. Dark chocolate-nya sendiri hanya mengandung 24 mg kafein. Bayangkan perbandingan jumlah kafeinnya terasa begitu besar.

Kesimpulannya adalah biji kopi yang dikonsumsi begitu saja tidak memberi energi yang lebih besar tetapi mengandung kafein yang lebih banyak. Yang mungkin mengacu kepada ‘energi’ di kepala beberapa orang. Mengonsumsi kafein dalam jumlah tertentu memang mampu memberi energi yang besar pula. Tapi menurut saya menikmati kopi lebih sedap jika diseduh bukan dimakan. Yah, tapi bolehlah memakan biji kopi ini menjadi alternatif untuk kamu yang memang membutuhkan kafeinnya di saat-saat tertentu.

Artikel dari livestrong.com dan beberapa sumber

Foto dari wallpaper web.org

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.