MEMAKNAI KOPI LAYAKNYA BARISTA

Sebagai penikmat kopi untuk memaknai rasa dari secangkir kopi mereka pasti punya caranya tersendiri. Ada yang menikmati kopi ingin menemukan aromanya yang khas, profil rasa asam yang nyaman, dan ada juga yang mencari keseimbangan body, acidity, flavor, dan aroma. Lalu, bagaimana caranya menikmati kopi seperti para barista.

TIAP orang sangat bisa menikmati kopi dengan caranya sendiri, namun mengetahui bagaimana seorang barista merunut karakter kopi ketika menikmatinya, akan menambah pengalaman nikmat ketika meneguknya. Banyak yang menginginkan sajian kopi sempurna, tapi bingung seperti apa sajian kopi yang sempurna itu. Nah, barista berusaha mewujudkan sajian yang hampir mendekati sempurna, yang pastinya dengan banyak pertimbangan dan membutuhkan banyak latihan untuk mengenal tiap variabel yang ada pada biji kopi.

Untuk menikmati kopi seperti cara seorang barista menikmati kopi, sebagai langkah pertama kita perlu untuk meningkatkan kemampuan kita agar peka terhadap perbedaan profil rasa dan juga origin dari kopi. Selanjutnya jika sudah mengerti bagaimana lidah kita mencecap rasa kopi dan perbedaannya, maka kita selangkah lagi akan sama dengan bagaimana cara seorang barista menikmati kopi. Berikut sedikit tips bagaimana seorang barista berkenalan dengan karakter kopi ketika menikmatinya.

credit: lifehacker.com.au

MEMAKNAI AROMA KOPI
Perlu diketahui bahwa aroma memiliki peran ketika seseorang menikmati kopi mereka, aroma seperti memberikan sugesti rasa terhadap seseorang. Sebelum kita memulai untuk berkenalan lebih jauh tentang rasa dari kopi pada sesi cupping, baiknya mengetahui sedikit tentang aroma kopi secara umum.

  • Enzymatic
    Pada kelompok aroma ini, beberapa kopi memiliki wangi seperti bunga, tanaman herbal, dan juga buah-buahan. Namun ini juga tergantung bagaimana metode sangrai yang digunakan.
  • Wangi Gula
    Asam amino dan gula yang terpapar panas ketika disangrai akan menciptakan wangi seperti coklat, kacang dan juga aroma karamel. Kopi akan seperti wangi kacang yang dimasak, atau seperti gula yang dimasak, mendekati wangi karamel.
  • Wangi Tumbuhan Kering
    Di kolompok ketiga dari aroma kopi, yaitu aroma yang hampir seperti kayu atau tembakau kering. Dan biasanya kelompok yang ketiga ini, tercipta karena sangrainya pada level yang dark.

JELAJAH PROFIL RASA DARI KOPI
Mengklasifikasikan rasa yang ada pada kopi akan terasa sulit jika tidak ada standar yang digunakan untuk menjelajah rasa kopi. The Special Coffee Association of America (SCAA) berkolaborasi dengan World Coffee Research, setelah meneliti profil rasa yang ada pada kopi akhirnya merumuskan sebuah standar yang digunakan untuk menelusuri rasa dari kopi, yaitu Sensory Lexicon. Sehingga lebih memudahkan penikmat kopi yang ingin mengetahui apaka kopi tergolong pada profil rasa asam yang nyaman atau pahit. Cari tau tentang Sensory Lexicon di sini.

credit: coffee.stackexchange.com

PERBEDAAN JENIS BIJI KOPI
Tiap kopi memiliki perbedaan, dari mulai rasa dan juga aroma, perbedaan ini dikarenakan asal biji kopi yang juga berbeda. Profil karakter rasa tercipta dan dipengaruhi dari tipe tanaman kopi, tempat di mana kopi tumbuh, dan juga teknik proses pengolahan buah ke biji.

  • Tanaman Kopi
    Secara umum jenis kopi hanya ada dua yaitu arabika dan robusta, tapi secara khusus jenis tanaman kopi terbagi banyak. Jenis tanaman kopi lebih dari 100 varietas, namun yang ramai orang ketahui seperti bourbon, caturra, dan typica. Varietas kopi biasanya berkontribusi juga dalam menciptakan profil kopi.
  • Tempat Kopi Tumbuh
    Mengapa daerah tempat kopi bertumbuh juga menjadi pertimbangan, yang menjadi soal adalah tiap daerah memiliki suhu yang berbeda dan juga pola tanah juga berbeda. Hal ini mempengaruhi tumbuh dan kembang tanaman kopi, sehingga juga mempengaruhi karakter rasa pada kopi.
  • Proses Kopi
    Ketika buah kopi sudah dipanen dan diproses menjadi biji kopi, proses ini juga memberikan kontribusi dalam membentuk rasa pada kopi. Di beberapa negara seperti Brazil, Ethiopia, Colombia dan Indonesia serta banyak negara regional lainnya, proses pengolahannya memiliki khas masing-masing.
credit: er3.co

SLURP; MEMAKNAI RASA DENGAN CUPPING KOPI
Nah, langkah selanjut untuk memaknai rasa dari kopi yaitu proses cupping. Jika sudah memiliki pengetahuan dasar tentang karakter rasa, tipe dan kualitas kopi, maka akan lebih memudahkan ketika mengevaluasi kopi pada tahap cupping.

Untuk memulai cupping ada beberapa prosedur standar, banyak yang harus dipersiapkan seperti grinder, cangkir kopi untuk cupping, sendok cupping, kettle, cangkir kosong, flavour wheels untuk menganalisa rasa, dan juga pastinya biji kopi. Sebelum memulai cupping, jika persiapan selesai, hal pertama adalah mengenali wangi yang ada pada kopi, sebelum dan sesudah diseduh air. Seduhan optimal pada titik suhu 96 derajat celcius dan pastikan air diseduh menyeluruh ke bubuk kopi yang ada pada cangkir, biasanya da jeda waktu untuk bubuk kopi terekstraksi sempurna sebelum disesap.

Menikmati kopi layaknya barista, harus memiliki pengetahuan dasar tentang kopi, agar dapat menelusuri rasa yang ada pada kopi.

src: coffeecorner.com img: handsomewade.com

791 total views, 15 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.