MEMANFAATKAN ANEKA SISA KOPI DI KEDAI KOPI

Pernahkah kamu memperhatikan sisa-sisa kopi yang tak bisa dikonsumsi lagi di kedai kopi? Ada banyak sekali kopi yang terbuang dan sebenarnya berpotensi digunakan kembali meskipun tak lagi layak konsumsi.

KALAU kamu mau memperhatikan lebih lekat, kedai-kedai kopi banyak sekali menghasilkan sisa-sisa kopi dari kegiatan seduh yang sebenarnya masih bisa didaur ulang. Selain ampas sisa seduhan, ada pula bubuk kopi yang berjatuhan di dekat penggiling kopi. Beberapa kedai kopi menghasilkan 18 – 20 gram bubuk kopi yang berjatuhan akibat proses penggilingan setiap harinya. Dan bubuk kopi ini jika ditampung bisa digunakan kembali menjadi berbagai benda serba guna. Salah satunya adalah pengharum ruangan dan pupuk tanaman. Tapi sayangnya banyak kedai kopi yang mengabaikan hal ini.

credit: groundtoground.org

Selain bubuk kopi sisa giling, ada pula kopi-kopi sisa para pengunjung. Tidak semua kopi yang disuguhkan kepada tamu bisa mereka habiskan. Banyak yang menyisakan kopinya dengan kadar yang berbeda-beda dan alasan yang berbeda pula. Umumnya kopi-kopi ini akan berakhir di tempat cuci piring, di pembuangan. Dari pada terbuang percuma, kamu bisa mengumpulkannya dan menjadikannya sebagai pupuk penyubur tanaman. Caranya cukup masukkan air kopi sisa tadi ke dalam semprotan atau spray tanaman lalu gunakan untuk menyiram tanamanmu. Kandungan pada kopi menyuburkan tanaman. Tapi ini hanya berlaku pada sisa kopi hitam ya. Kalau kopi yang bersisa mengandung susu dan gula sudah pasti tidak bisa dipakai kembali!

credit: unsplash.com

Jika kamu bekerja di kedai kopi atau memiliki kedai kopi yang juga memiliki roastery, kamu bisa mengumpulkan juga kopi-kopi yang gosong atau rusak akibat proses sangrai. Kopi-kopi ini bisa dipakai menjadi pengharum ruangan atau juga hiasan. Oh iya, bisa juga ditempatkan di dalam kulkas agar aroma kulkasmu menjadi netral. Jika kamu memiliki banyak green bean yang cacat, jangan juga cepat dibuang. Simpan saja karena kelak bisa digunakan untuk macam-macam. Bisa untuk latihan sangrai, atau jika sudah banyak bisa dijual kembali kepada mereka yang menerima kopi defect. 

Intinya semua sisa kopi di kedai kopi bisa digunakan. Mulai dari ampas seduh, sisa kopi pelanggan hingga sisa sangrai. Mulai sekarang jangan buang-buang kopi lagi ya!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.